Kominfo Rilis Dua Buku yang Menyoroti Capaian dan Arah Transformasi Digital Nasional

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika merilis dua buku tentang pencapaian pemerintah dalam pembangunan di sektor digital dalam satu dekade terakhir dan arah transformasi digital nasional. 

Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan lewat buku Satu Dekade Pembangunan Digital Indonesia 2014-2024 dan Horizon Pembangunan Digital Indonesia 2025-2030, Kementerian Kominfo mendokumentasikan ulasan transformasi digital Indonesia masa kini dan yang akan datang.  

Dalam buku Satu Dekade Pembangunan Digital Indonesia 2014-2024, Budi menyoroti gambaran kemajuan ekosistem digital yang telah dicapai sebagai modal untuk membangun Indonesia Digital ke depan. 

Sedangkan buku kedua, Horizon Pembangunan Digital Indonesia 2025-2030 ini menurut Budi, memuat jawaban berbagai pertanyaan seperti bagaimana gagasan, strategi dan kebijakan sekaligus pembelajaran hari ini dan ke depan. 

“Terdapat 13 tulisan pemikiran pakar, akademisi dan praktisi yang diharapkan memberikan sumbangan untuk pemerintahan berikutnya,” ungkap Budi dalam acara Peluncuran Buku 10 Tahun Pembangunan Digital Indonesia pada Kamis, 10 Oktober. 

Budi berharap kedua buku ini bisa menjadi rujukan pembelajaran bagi Pemerintah selanjutnya dalam melakukan pembangunan digital di masa mendatang. 

“Mari kita dorong kemajuan digital Indonesia yang berkelanjutan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ajak Budi. 

Sebelumnya, Kementerian Kominfo juga sudah meluncurkan Visi Indonesia Digital (VID) 2045, yang berisikan delapan strategi imperatif dalam mewujudkan transformasi digital yang inklusif menuju Indonesia Emas 2045. 

Selain itu, Menkominfo juga menyatakan bahwa VID 2045 merefleksikan semangat yang sama seperti kedua buku yang telah diluncurkan.