Tips Menemukan Warna Lipstik yang Sesuai dengan Rona Kulit

JAKARTA - Lipstik menjadi salah satu elemen paling menarik dalam setiap riasan, dan pemilihan warna yang tepat sangat penting untuk mencapai tampilan yang diinginkan.

Hitesh Dewett, seorang penata rias dari House of Beauty, menjelaskan, langkah pertama dalam memilih warna lipstik adalah dengan mengetahui rona kulit dan undertone seseorang. Warna kulit merujuk pada warna luar yang dapat bervariasi dari cerah hingga gelap.

“Memahami warna kulit Anda akan membantu dalam memilih lipstik yang sesuai. Sementara itu, undertone adalah nuansa halus yang berada di bawah permukaan kulit, dan bisa tergolong hangat, dingin, atau netral. Salah satu cara untuk menentukan undertone adalah dengan melihat urat nadi di pergelangan tangan,” ungkap Dewett, seperti dikutip Antara.

Jika urat nadi terlihat hijau, ini menunjukkan undertone hangat, dan warna dengan dasar kuning, oranye, atau emas akan menjadi pilihan yang tepat.

Sebaliknya, jika urat nadi berwarna biru atau ungu, maka kemungkinan besar Anda memiliki undertone dingin, sehingga warna dengan nuansa biru, ungu, atau merah muda sangat sesuai. Kemudian bagi yang memiliki campuran urat nadi biru dan hijau, ini menunjukkan undertone netral, yang memungkinkan Anda untuk mengenakan baik warna hangat maupun dingin dengan baik.

“Dengan memahami warna kulit dan undertone, Anda dapat dengan mudah memilih lipstik yang ideal. Namun, penting untuk diingat bahwa pemilihan lipstik adalah keputusan yang sangat pribadi; setiap individu memiliki preferensi warna berdasarkan tingkat kenyamanan mereka. Misalnya, seseorang dengan kulit gelap bisa tampil percaya diri dengan lipstik merah cerah, meskipun hal ini tidak mudah bagi semua orang,” tambahnya.

Selain itu, bagi pemilik kulit cerah, disarankan untuk memilih lipstik yang dapat menonjolkan warna alami kulit, seperti nude dengan sedikit sentuhan merah muda atau persik, serta koral lembut dan cokelat muda. Untuk tampilan yang lebih berani, lipstik merah ceri atau merah tua bisa menjadi pilihan.

Sedangkan mereka yang memiliki warna kulit sedang, warna-warna seperti merah muda, ungu muda, dan beri yang kaya dapat meningkatkan kesan hangat. Sementara itu, merah anggur dan merah tua juga sangat cocok untuk tampilan yang lebih mencolok.

Bagi pemilik kulit gelap, warna lipstik yang lebih berani dan cerah sangatlah ideal. Warna gelap seperti beri, plum, atau coklat dapat menciptakan tampilan yang menonjol, sementara fuchsia, tangerine, dan merah klasik menawarkan kontras yang mencolok.

“Jika Anda memiliki masalah bibir kering atau pecah-pecah, gunakan lip scrub terlebih dahulu, kemudian aplikasikan lip balm atau lip oil untuk memberikan hidrasi. Setelah itu, pilih lipstik dengan formula matte atau yang memiliki efek lembap seperti lipstik satin yang memberikan kelembapan tahan lama,” sarannya.