Spotify Kini Hadirkan Opsi Streaming Gratis di Korea Selatan

JAKARTA – Spotify telah hadir di Korea Selatan sejak awal 2021 lalu dan hanya bisa diakses dengan berlangganan paket Premium Individual atau Duo. Setelah bertahun-tahun, Spotify akhirnya menghadirkan opsi gratis.

Platform streaming musik itu mengatakan bahwa mereka meluncurkan opsi gratis di Korea Selatan untuk memperluas basis pendengar. Akses mendengarkan lagu tanpa berlangganan ini pun mulai dirilis secara luas pada Kamis, 10 Oktober.

Setelah layanan ini diperluas, seluruh pengguna di Korea Selatan bisa mendaftarkan akun secara gratis. Mereka bisa mengakses jutaan lagu, album, podcast, daftar putar, rekomendasi lagu harian dan masih banyak lagi melalui platform musik tersebut.

Sama seperti opsi gratis yang tersedia di Indonesia, pengguna di Korea Selatan akan mendengarkan iklan setiap beberapa lagu terputar. Mereka juga akan melihat banner iklan di Beranda dan memiliki batasan dalam mengakses beberapa fitur.

Misalnya, mereka tidak bisa mengganti lagu berulang kali, kualitas audio menjadi lebih rendah, tidak bisa mengunduhnya lagu untuk didengarkan secara offline, dan kehilangan beberapa fitur. Pengguna gratis tidak akan bisa mengakses fitur AI Playlist terbaru.

Selain menguntungkan pengguna yang tidak ingin mengeluarkan uang untuk berlangganan, opsi gratis juta dianggap menguntungkan para pengiklan. Pasalnya, tingkat streaming di negara tersebut cukup tinggi karena pengaruh musik lokal ataupun K-Pop.

"Merek yang beriklan di layanan gratis Spotify dapat menyampaikan pesan mereka secara efektif karena iklan Spotify menarik perhatian dua kali lebih banyak daripada platform media sosial secara global," kata Spotify, dikutip dari Reuters.

Saat ini, rata-rata streaming bulanan artis di Korea Selatan telah mencapai 5,8 miliar. Total streaming ini mungkin akan meningkat dalam beberapa waktu ke depan berkat layanan gratis yang baru perusahaan itu luncurkan.