Pengusaha Sebut CSE Asia 2024 Bakal Perkuat Perdagangan Produk Made in Indonesia

JAKARTA - Asean Tourism, Trade and Economy Council (ATEC) berkolaborasi dengan Hongkong Global Convention & Exhibition Group (HKGEC) bakal menggelar Consumer Sourcing Expo (CSE Asia) 2024 di ICE BSD City pada 14-16 November 2024.

Hal ini dilakukan sebagai upaya memperkuat perdagangan produk di Asia dan ASEAN.

Chairman ATEC sekaligus Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah mengatakan, pameran ini menjadi platform penting bagi pelaku industri untuk mengeksplorasi peluang pasar yang lebih luas serta memperkuat perdagangan produk Asia, khususnya Indonesia ke seluruh dunia.

"CSE Asia 2024 dapat menjadi salah satu pameran yang mendorong penguatan perdagangan dan posisi brand Asia di pasar internasional," ujar Budihardjo dalam konferensi pers di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Rabu, 9 Oktober.

Budihardjo menilai, pameran ini juga bisa menjadi wadah edukasi penting bagi pelaku usaha untuk memahami proses impor yang resmi dan berbagai aturan yang berlaku.

Pasalnya, akan ada sesi edukasi mengenai impor secara resmi dengan menghadirkan pembicara dari Kementerian Perdagangan (Kemendag), Bea Cukai serta instansi terkait lainnya.

"Kami mengharapkan impor yang masuk ke Indonesia adalah produk resmi dan legal," katanya.

Pada kesempatan sama, Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Hilmi Adrianto menyambut baik penyelenggaraan pameran ini. Dia bilang, CSE Asia 2024 merupakan kesempatan besar untuk mengenal lebih dalam tentang inovasi dan teknologi terbaru dari para produsen sekaligus memperkuat ekosistem bisnis dan perdagangan di kawasan Asia.

"Sebagai asosiasi e-commerce Indonesia, kami mengundang para pelaku bisnis, pengusaha dan distributor lokal untuk hadir dan menjajaki peluang kemitraan strategis yang ditawarkan oleh para supplier dan manufaktur untuk menciptakan sebuah perdagangan sehat melalu bisnis online," tuturnya.

Adapun CSE Asia 2024 akan menampilkan berbagai produk unggulan dari supplier dan manufaktur ternama di China. Pameran ini akan mencakup beragam produk, mulai dari fashion apparels, home & gifts decorations, consumer electronic hingga home appliances.

Pameran ini juga akan membahas bagaimana digitalisasi, termasuk pemanfaatan internet dan e-commerce dapat menjadi saluran efektif untuk menjual barang resmi dan memperkenalkan produk ke konsumen global.

Di CSE Asia 2024, para pengusaha akan diberikan panduan tentang cara mengelola penjualan online sesuai dengan regulasi dan standar kualitas internasional, sehingga produk-produk Asia dapat bersaing di pasar global.

Tak hanya itu, pameran CSE Asia 2024 juga akan mengadakan sesi business matching, yang mana peserta dapat bertemu langsung dengan calon mitra bisnis potensial sesuai dengan profil usaha dan kebutuhan mereka.