Arctic Open 2024: Ginting Langsung Tumbang

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting langsung pulang awal di babak pertama Arctic Open 2024.

Ginting yang berstatus sebagai unggulan kedelapan di turnamen ini angkat koper usai kalah rubber game 21-19, 23-25, dan 16-21 melawan tunggal China, Lu Guang Zu, di Vantaan Energia Areena, Finlandia, pada Rabu, 9 Oktober 2024, petang WIB.

Pada duel ini, Ginting yang meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 harus berjuang bangkit dari ketertinggalan sebelum interval untuk memenangi gim pertama.

Kemenangan sudah di depan mata ketika pebulu tangkis asal Cimahi, Jawa Barat, ini mendominasi sebagian besar gim kedua.

Dia bahkan sempat berada di atas angin ketika memimpin dengan selisih 10 poin 16-6. Namun, tujuh poin beruntun lawan setelah itu mengubah situasi dan memaksa laga ke gim penentuan.

Pada gim terakhir, Ginting juga memulai dengan baik dan unggul satu poin di interval. Akan tetapi, semua berbalik dan Lu Guang Zu tidak bisa dikejar lagi setelahnya.

Raihan ini merupakan kemenangan kedua Lu Guang Zu dari total tujuh bentrok dengan Ginting. Dua kemenangan ini pun terjadi beruntun dalam dua pertemuan mereka tahun ini.

Sebelumnya, satu kemenangan lain diamankan Lu Guang Zu ketika bersua Ginting di Malaysia Open 2024 pada Januari 2024. Saat itu Ginting menyerah straight set.

Ginting adalah satu dari sembilan wakil Indonesia yang bermain di turnamen ini. Dia juga merupakan wakil pertama yang tersingkir dari ajang ini.

Pada hari pertama kemarin, Selasa, 8 Oktober 2024, sudah ada empat wakil Indonesia yang kompak melewati babak pertama ajang berlevel Super 500 BWF ini.