Israel vs Perancis: Saat Tidak Ada Kylian Mbappe

JAKARTA - Kylian Mbappe tidak masuk skuad Perancis saat menghadapi Israel di pertandingan Grup 2 League A UEFA Nations League di Stadion Bozsik, Budapest, Hungaria, Jumat, 11 Oktober 2024 dini hari WIB. Perancis juga tak lag diperkuat Antoine Griezmann yang memutuskan pensiun dari Les Bleus usai Euro 2024.

Pelatih Didier Deschamps melakukan perombakan pada starting eleven setelah mencoret Mbappe. Mantan bintang Paris Saint-Germain yang kini bermain di Real Madrid in secara mengejutkan tidak masuk skuad Prancis saat melakoni dua pertandingan Nations League.

Namun Deschamps memiliki pertimbangan lain dengan tidak memasukkan Mbappe. Pemain depan berusia 25 ini sesungguhya baru pulih dari cedera saat tampil di pertandingan La Liga Spanyol melawan Deportivo Alaves.

Dirinya diperkirakan absen selama tiga pekan. Namun hanya berselang sembilan hari Mbappe sudah bermain kembali saat Madrid menghadapi Lille di Liga Champions. Kalah 1-0 lawan Lille, Mbappe kembali bermain di La Liga. Kali ini, dia bermain selama 70 menit sebelum ditarik keluar saat mengalahkan Villarreal 2-0.

Deschamps sesungguhnya lebih berharap Mbappe beristirahat agar benar-benar pulih dari cederanya ketimbang teru bermain. Ini yang menjadikan Deschamps tidak memanggil Mbappe saat berlaga di Nations League. Hanya, keputusan Deschamps sempat membuat Mbappe kecewa. Menurut dia hal yang tidak wajar karena sebagai kapten timnas dirinya malah tak mendapat panggilan.

Pernyataan Mbappe malah membuat dirinya mendapat kritikan dari media dan fans garis keras Perancis Irresistibles Francais. Beruntung presiden federasi sepak bola Perancis (FFF) Philippe Diallo akhirnya menengahi persoalan tersebut.

"Tidak ada yang lebih penting dari tim nasional Perancis. Didier sudah bicara dengan Mbappe dan tim medis Real Madrid. Dia memutuskan tidak memanggil Mbappe. Namun bukan berarti dia meragukan komitmen pemain untuk timnas," ucap Diallo.

"Persoalannya adalah kalender pertandingan yang padat dengan banyak pertandingan. Pemain juga bermain hingga 65 pertandingan dalam satu tahun. Jadi bagaimana klub, timnas dan semua pihak yang terkait untuk duduk satu meja mendapatkan keseimbangan," kata dia lagi.

Selain Mbappe, Les Bleus tak lagi diperkuat Griezmann yang pensiun dari timnas. Hanya striker Atletico Madrid ini dinilai belum saatnya pensiun. Meski usianya sudah 33, namun dia masih bisa bermain di level tertinggi.

Terbukti, Griezmann masih menjadi pilar Atletico. Hanya saja beredar kabar bila Griezmann kecewa tak menjadi kapten timnas. Deschamps lebih memilih Mbappe ketimbang Griezmann yang lebih senior saat kapten sebelumnya, kiper Hugo Lloris pensiun.

Meski tanpa pemain yang menjadi pilar tim, namun Perancis di atas kertas masih kuat dan diprediksi bisa mengatasi Israel. Pada laga terakhir, Perancis menunjukkan penampilan terbaik dengan menaklukkan Belgia 2-0. Kemenangan ini menjadi kebangkitan Mike Maignan dkk setelah dipaksa menyerah 3-1 lawan Italia.

Di laga melawan Israel yang sudah kali menelan kekalahan, Deschamps sudah pasti merombak sektor depan. Striker Bradley Barcola, penerus Mbappe di PSG, akan menjadi pilihan pertama. Dia bahu-membahu dengan Ousmane Dembele mendampingi Marcus Thuram, penyerang andalan Inter Milan. Ini berarti Kolo Muani bakal duduk di bench.

Sedangka di tengah ada duo Madrid, Eduardo Tchouameni dan Aurelien Camavinga. Di belakang, ada perubahan komposisi pemain menyusul absennya bek Dayot Upamecano karena cedera paha. Bek Liverpool Ibrahima Konate bakal bekerjasama dengan rivalnya William Saliba yang bermain di Arsenal.

Israel sendiri terpaksa memindahkan laga home keluar dari negaranya menyusul ketegangan yang kian meningkat di Timur Tengah. Buntutnya, The Skyblue and Whites menjadikan Hungaria sebagai markas sementara dan saat menjamu tim-tim lawan.

Israel pun tampaknya sulit bersaing di kasta tertinggi Nations League. Pada dua laga pertama, mereka kalah 3-1 lawan Belgia dan kemudian menyerah 2-1 saat menghadapi Italia. Bila kembali kalah lawan Perancis, mereka bakal terancam turun kasta.

Di laga tersebut, pelatih Ran Ben Shimon tidak bisa menurunkan tim terbaik kapten Eli Dasa mengalami cedera. Begitu pula pemain depan berusia Dor Turgeman belum pulih dari cederanya. Ini menjadikan Ben Shimon harus bekerja keras meladeni Perancis.

Prakiraan Susunan Pemain

Israel (4-2-3-1): Gerafi; Feingold, Nachimas, Shlomo, Leidner; Abu Fani, Kanichowsky; Abada, Peretz, Gloukh; Baribo

Perancis (4-3-3): Maignan; Kounde, Saliba, Konate, Hernandez; Zaire-Emery, Tchouameni, Camavinga; Dembele, Thuram, Barcola