Rolls-Royce Ghost Facelift: Lebih Mewah, Lebih Canggih, Siap Debut di 2025

JAKARTA - Merek otomotif ultra-premium asal Inggris, Rolls-Royce, resmi memperkenalkan versi facelift dari sedan mewah Ghost Series II. Model terbaru ini hadir dengan sejumlah pembaruan yang diklaim lebih baik dari pendahulunya, menawarkan pengalaman berkendara yang lebih memukau.

Menurut Chief Executive Rolls-Royce Motor Cars Chris Brownridge, pembaruan ini terinspirasi langsung dari masukan pelanggan. Ghost facelift menghadirkan desain eksterior yang lebih segar, pengendalian yang ditingkatkan, dan teknologi terbaru, menjadikannya salah satu mobil bermesin V12 tercanggih yang pernah dibuat oleh Rolls-Royce.

"Pembaruan eksterior dan penggunaan material berkualitas tinggi menciptakan kesan yang lebih ekspresif dan berdampak. Ghost kini menawarkan handling luar biasa berkat inovasi sasis terbaru yang kami kembangkan," ujar Brownridge, Rabu, 9 Oktober, dalam rilis BMW Group.

Dari sisi eksterior, tampilan depan Ghost facelift semakin berbeda dengan kehadiran lampu LED baru yang dirancang untuk mempertegas perbedaannya dengan sang 'kakak', Phantom. Grill yang lebih lebar dan rendah memperkuat identitas Ghost sebagai model yang berada di bawah Phantom, Cullinan, dan Spectre. Sementara itu, bagian air intake depan direvisi untuk meningkatkan aerodinamika, ditambah dengan lampu belakang baru yang terinspirasi dari Spectre.

Masuk ke dalam kabin, Ghost facelift menawarkan kemewahan modern dengan panel kaca besar yang menampung tiga layar digital terpisah. Layar utama mengoperasikan sistem Rolls’ Spirit yang terhubung dengan aplikasi Whispers dan didukung oleh sistem suara premium 18-speaker bertenaga 1.400 Watt. Pencahayaan interior kini dilengkapi koreografi baru dengan berbagai pilihan warna, termasuk abu-abu dan Duality Twill. Kursi mewahnya dilapisi kain bambu bersulam dengan 2,2 juta jahitan dan benang sepanjang 18 km.

Dari segi performa, Ghost tetap setia pada mesin 6,75 liter V12 bi-turbo yang menghasilkan 563 dk dan 850 Nm torsi, memungkinkan akselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu hanya 4,6 detik, dengan kecepatan puncak mencapai 250 km/jam.

Meski demikian, Rolls-Royce masih menutup rapat informasi terkait harga dan jadwal peluncuran resmi Ghost facelift ini. Diperkirakan, sedan mewah ini akan masuk pasar pada akhir 2024 atau awal 2025 mendatang.