Peringatkan Israel Jangan Menguji Iran, Menlu Araghchi: Respons Kami akan Tegas

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Iran pada Hari Selasa memperingatkan Israel agar tidak melancarkan serangan, dengan mengatakan setiap serangan terhadap infrastruktur Iran akan dibalas dengan pembalasan yang lebih kuat.

Iran menyerang Israel pekan lalu dengan sejumlah rudal yang menyasar berbagai target. Israel telah bersumpah untuk membalas.

"Kami merekomendasikan rezim Zionis (Israel) untuk tidak menguji resolusi Republik Islam. Jika ada serangan terhadap negara kami, respon kami akan lebih kuat," kata Menlu Abbas Araghchi dalam pidato yang disiarkan di televisi, melansir Reuters 8 Oktober.

Setiap serangan terhadap infrastruktur Iran akan dibalas dengan pembalasan yang lebih kuat, dan "musuh-musuh kami tahu target-target apa saja yang ada di dalam Rezim Zionis (Israel) yang ada dalam jangkauan kami," tambah Araqchi.

Terpisah, Menteri Perminyakan Iran mendarat di Pulau Kharg, tempat terminal ekspor utama negara tersebut, mengadakan pembicaraan dengan komandan angkatan laut pada Hari Minggu, demikian dilaporkan situs berita kementerian perminyakan, Shana, di tengah-tengah kekhawatiran Israel akan menyerang fasilitas-fasilitas energi.

Di Amerika Serikat, Presiden Joe Biden mengatakan pada Hari Jumat, ia tidak berpikir Israel belum memutuskan bagaimana menanggapinya.