Keren! Tzu Chi Hospital Adopsi Teknologi Robot Canggih untuk Operasi Hernia

JAKARTA - Tzu Chi Hospital secara resmi meluncurkan Hernia Center, layanan kesehatan komprehensif untuk menangani semua jenis hernia menggunakan teknologi Modular Robotic System buatan negara Inggris bernama Versius. 

Teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan Cambridge Medical Robotics Surgical (CMR Surgical) dan didistribusikan oleh PT Surgika Alkesindo ini diklaim dapat meningkatkan hasil operasi dengan meminimalkan kerusakan jaringan di dalam perut, meningkatkan kenyamanan pasien, dan mempercepat penyembuhan. 

Fakta tersebut dibuktikan dalam sebuah jurnal kesehatan yang diterbitkan pada Pubmed tahun 2023, yang mengatakan bahwa tindakan bedah atau operasi hernia menggunakan Versius Modular Robotic Surgery aman dan layak dilakukan

“Operasi hernia menggunakan robot di Hernia Center Tzu Chi Hospital merupakan simbol kemajuan medis yang kami hadirkan bagi pasien,” kata President Director Tzu Chi Hospital, dr. Gunawan Susanto, dalam keterangan tertulisnya. 

Gunawan juga menegaskan kalau metode robotik ini akan membuat memberikan keuntungan kepada pasien seperti waktu pemulihan yang lebih cepat, sayatan yang lebih kecil, nyeri pascaoperasi yang lebih sedikit, dan kemampuan untuk kembali ke aktivitas sehari-hari lebih cepat. 

Melalui inovasi canggih ini, Gunawan menekankan bahwa Hernia Center merupakan perwujudan komitmen Tzu Chi Hospital untuk memberikan pelayanan medis yang seprofesional mungkin.  

“Selain itu, Hernia Center ini juga dirancang untuk menjadi tempat pelatihan bagi tenaga medis yang ingin memperdalam pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menangani kasus hernia,” lanjutnya. 

Tidak lupa, Tzu Chi juga menyediakan edukasi dan konsultasi baik sebelum maupun sesudah penanganan untuk memberikan kepuasan kepada pasien.