Bagikan:

JAKARTA - iPhone 16 Pro Max kembali menjadi sorotan, saat Apple mengukuhkan posisinya sebagai smartphone dengan performa terbaik dan daya tahan baterai terpanjang tahun ini.

Dalam uji baterai yang dilakukan oleh PhoneBuff, iPhone 16 Pro Max diadu dengan Samsung Galaxy S24 Ultra. Uji ini melibatkan berbagai fungsi aplikasi yang dikontrol oleh lengan robot.

Hasilnya, iPhone 16 Pro Max bertahan selama total 28 jam 14 menit, dengan lebih dari 12 jam waktu aktif layar menyala dan 16 jam dalam mode siaga. Performa baterai tersebut memecahkan rekor baru, mengalahkan semua smartphone yang pernah diuji oleh PhoneBuff.

Sebagai perbandingan, Galaxy S24 Ultra mampu bertahan selama 27 jam 18 menit, meskipun mati satu jam lebih awal dari iPhone 16 Pro Max. Sementara itu, iPhone 15 Pro Max yang diuji tahun lalu dengan iOS 17 mampu bertahan selama 27 jam 45 menit.

Uji PhoneBuff tahun ini juga sedikit lebih menantang, dengan lebih banyak simulasi scrolling melalui Instagram dan aplikasi lainnya dibandingkan pengujian sebelumnya.

PhoneBuff menggunakan lengan robot yang diprogram untuk secara presisi meniru interaksi input pada setiap ponsel, sehingga memberikan benchmark daya tahan baterai sintetis yang paling realistis.

Alih-alih hanya memutar video berulang kali atau menjelajahi situs web hingga ponsel mati, uji PhoneBuff mencakup berbagai aktivitas yang dapat dilakukan oleh sebuah ponsel.

Aktivitas tersebut termasuk mengirim dan menerima pesan, meninjau email, browsing web, scrolling media sosial, menonton YouTube, bermain game, mendengarkan musik streaming, menggunakan Google Maps, dan lainnya.