Begini Cara Temukan Aplikasi yang Pernah Diunduh dari Google Play Store

JAKARTA – Aplikasi yang tidak digunakan dalam waktu yang sangat lama biasanya akan dihapus dari perangkat. Namun, terkadang, aplikasi yang telah dihapus dari ponsel ini akan dibutuhkan kembali di masa depan. 

Jika aplikasi ini cukup populer, biasanya Anda akan mengingat namanya. Namun, berbeda dengan aplikasi catatan, pengelola keuangan, dan masih banyak lagi yang namanya hampir mirip di Google Play Store. Anda dapat melupakan nama aplikasinya dengan mudah.

Saat hal ini terjadi, Anda mungkin kesulitan dalam mencari aplikasi yang tepat. Untungnya, Play Store menyediakan cara untuk mencari aplikasi yang pernah diunduh. Jika Anda ingin mencari aplikasi di Play Store, berikut ini caranya, dilansir dari How to Geek. 

Lihat Daftar Aplikasi Terunduh

Cara paling mudah untuk melihat aplikasi yang pernah terunduh adalah dengan membuka aplikasi Google Play Store, lalu buka halaman Kelola Aplikasi dan Perangkat melalui pengaturan. Untuk membuka Pengaturan, Anda hanya perlu mengeklik gambar profil. 

Setelah itu, buka halaman Kelola dan deretan aplikasi akan muncul di layar dengan besaran aplikasinya. Di bagian atas halaman Kelola, Anda akan melihat filter Terunduh. Pastikan untuk mengubah filternya menjadikannya Tidak Terunduh untuk mempermudah pencarian.

Jika Anda tipe yang mengunduh aplikasi saat diperlukan saja atau jarang mengunduh aplikasi, daftar aplikasi yang terlihat tentunya akan sedikit dan memindahkannya pencarian. Namun, berbeda jika Anda sering mengunduh aplikasi yang tidak penting.

Untuk mempermudah pencarian dengan daftar aplikasi yang panjang, Anda perlu mengingat huruf depan dari aplikasi yang sedang dicari. Setelah itu, gulir layar ke bawah sesuai dengan abjad yang Anda ingat, lalu ketuk aplikasinya untuk diunduh.