Komitmen Kuatkan Kemitraan, Begini Strategi Jaringan Dealer VinFast di Indonesia

JAKARTA - Produsen kendaraan listrik asal Vietnam VinFast semakin agresif dalam melebarkan sayapnya di segmen otomotif Indonesia. Total saat ini VinFastr Auto telah melakukan penambahan 15 dealer dalam kurun waktu satu bulan. 

Pertumbuhan strategis ini mempertegas dedikasi VinFast dalam menyediakan kendaraan listrik berkualitas tinggi dan terjangkau yang didukung dengan kebijakan purna jual yang menyeluruh kepada pelanggan Indonesia.

Mulai dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Surabaya, Bali, Batam, dan Makassar, dealer VinFast hadir di titik-titik strategis di Indonesia. Pelanggan kini memiliki kesempatan untuk menjelajahi produk VinFast, berkonsultasi dengan ahli, merasakan layanan pelanggan yang lebih personal, hingga mengakses dukungan purna jual yang komprehensif melalui jejaring dealer VinFast.

Pentingnya kehadiran jaringan dealer

Majunya kendaraan listrik yang didukung dengan adanya transformasi digital yang pesat, tengah membentuk kembali lanskap industri otomotif. Meski begitu, pakar industri masih menilai bahwa dealer masih dibutuhkan sampai saat ini bagi penjualan kendaraan listrik. Justru dengan hadirnya kendaraan listrik dapat menghadirkan peluang unik sekaligus memperkuat posisi mereka di pasar.

Produsen kendaraan listrik asal Vietnam yang terdaftar di Nasdaq, VinFast, menyajikan contoh nyata bagaimana OEM dan dealer dapat berkolaborasi untuk menciptakan skenario yang menguntungkan.

"Dealer telah menjadi tulang punggung bagi industri otomotif selama beberapa dekade, bahkan telah membantu produsen mobil menjangkau pelanggan pada tingkat yang lebih personal, membangun loyalitas brand, serta berperan sebagai pilar ekonomi bagi jejaring komunitasnya masing-masing," kata Kepala Transformasi Ritel Otomotif EY Amerika Branson Smith, dalam keterangan resminya yang diterima, Senin, 7 Oktober.

Ketua Dewan Direksi VinFast Madam Thuy Le, mengatakan pada kuartal kuartal keempat tahun 2023, perusahaan membuat perubahan penting dari model direct-to-consumer yang padat modal, ke model hybrid yang ringan modal dengan fokus kuat untuk memanfaatkan infrastruktur distribusi yang ada dengan membangun jaringan dealer di AS dan global.

“Pertumbuhan kami sangat bergantung pada jaringan dealer yang kuat dan merepresentasikan brand kai dengan baik, serta memberikan pengalaman yang dipersonalisasi untuk masing-masing pelanggan,” tegas Le.

Ekspansi strategis VinFast melalui jaringan dealer telah menunjukkan kemajuan. Per 31 Agustus, VinFast telah memiliki 155 showroom yang tersebar di semua pasarnya, dengan 70 persen di antaranya adalah dealer.