Bagikan:

JAKARTA - Produsen otomotif asal Vietnam VinFast terus memperluas pasar globalnya, setelah resmi mengumumkan pembukaan showroom pertama di Timur Tengah yakni Oman, kini merambah ke Qatar.

VinFast Auto resmi menandatangani perjanjian dealer eksklusif dengan Al Mana Holding W.L.L. untuk distribusi kendaraan listrik VinFast (EV) di seluruh Qatar. Fasilitas perdananya rencananya akan dibuka pada Q3/2024 di jantung kota Doha dan akan dibuka menawarkan empat model e-SUV VinFast VF 6, VF 7, VF 8, dan VF 9 pada masing-masing model diluncurkan di pasar.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Al Mana Holding akan menjadi dealer eksklusif VinFast di Qatar. Dengan pengalaman luas dan reputasi lama di bidang otomotif, Al Mana Holding akan menjadi mitra yang dapat diandalkan, membantu VinFast dengan cepat menangkap potensi pasar Qatar membangun jaringan toko dan layanan profesional di negara ini.

Al Mana Holding adalah salah satu konglomerat ekonomi terkemuka di Qatar. Dengan visi bersama untuk masa depan yang hijau, perjanjian kerjasama antara VinFast dan Al Mana memegang janji untuk memberikan solusi mobilitas yang cerdas dan ramah lingkungan kepada masyarakat Qatar, memberikan kontribusi dengan tujuan pembangunan berkelanjutan negara serta kawasan Timur Tengah.

"Perjanjian dengan Al Mana Holding ini menandai tonggak penting dalam strategi ekspansi pasar global VinFast dan khususnya masuknya ke Timur Tengah," kata CEO VinFast Middle East Ta Xuan Hien, dalam keterangan resminya, Senin, 12 Agustus.

Lebih lanjut ia mengatakan, menuang keyakinan bahwa reputasi Al Mana Holding, keahlian dan pengetahuan pasar akan memungkinkan perusahaan menghadirkan produk dan layanan premium dengan cepat kepada pelanggan Qatar.

Pada kesempatan yang sama, Chairman of Al Mana Holding Hisham Saleh Al Mana, mengatakan sangat senang melakukan kemitraan dengan VinFast di Qatar dan menambah portofolio perusahaan.

"Inovasi dan pertumbuhan pesat VinFast menampilkan produk-produk berkualitas tinggi mereka. Oleh bergabung, Al Mana Holding dan VinFast bertujuan untuk merevolusi otomotif Qatar lanskap, menawarkan pelanggan berbagai kendaraan listrik mutakhir yang memenuhi kebutuhan mereka sekaligus meminimalkan dampak lingkungan," ungkap Hisham.

Seperti diketahui VinFast telah mengubah strateginya dari model penjualan langsung menjadi konsumen ke model hibrida yang memanfaatkan infrastruktur distribusi yang ada melalui pembentukan jaringan dealer global, hal ini dilakukan sejak akhir tahun 2023 lalu. Diharapkan penjualan melalui dealer akan memberikan kontribusi signifikan terhadap penjualan VinFast pada paruh kedua tahun 2024.

Selain pasar utama seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa, VinFast juga aktif memperluas ke negara-negara tetangga di Asia seperti India, india, Thailand, dan Filipina, serta Timur Tengah dan Afrika.