Real Madrid Tempel Ketat Barcelona Usai Kalahkan Villarreal

JAKARTA - Real Madrid membayangi secara ketat Barcelona setelah mengalahkan Villarreal 2-0 di pertandingan La Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Minggu, 6 Okober 2024 dini hari WIB.

Persaingan memperebutkan posisi kedua di klasemen sementara dimenangkan Madrid. Ya, Madrid bersaing ketat dengan Villarreal yang menduduki peringkat tiga. Tim yang menang di laga tersebut sudah pasti mengamankan posisi kedua sekaligus membayangi Barca.

Madrid yang baru saja menelan kekalahan 1-0 saat melawan Lille di Liga Champions menunjukkan kebangkitan. Dalam duel tersebut, pelatih Carlo Ancelotti kembali menurunkan Kylian Mbappe yang absen karena cedera saat menghadapi Lille.

Mbappe berduet dengan Vinicius Junior di depan dan Rodrygo Goes dibangkucadangkan. Mereka kembali ditopang Jude Bellingham bersama gelandang veteran Luka Modric.

Dengan formasi 4-3-1-2 yang juga bisa berubah 4-4-2, Madrid menunjukkan dominasi atas Villarreal. Serangan Los Merengues memaksa tim tamu bekerja keras memperkuat pertahanan yang digalang bek veteran Raul Albiol.

Namun pertahanan The Yellow Submarine akhirnya bobol juga. Di menit 14, gelandang Federico Valverde yang memecah kebuntuan. Dirinya menyambut sepak pojok dari Modric dan tendangannya sempat berbelok arah sebelum meluncur ke gawang Diego Conde.

Setelah unggul 1-0, pertandingan berjalan ketat. Villarreal mencoba bangkit. Tim asuhan Marcelino mulai membangun serangan yang membuat barisan pertahanan Madrid bekerja cukup keras.

Di menit 17, Villarreal nyaris membobol gawang Andriy Lunin yang menggantikan kiper Thibaut Courtois. Sundulan Nicolas Pepe yang menyambut umpan silang Alejandro Baena hanya membentur tiang gawang.

Tak lama berselang giliran Thierno Barry yang mengancam pertahanan Madrid. Hanya saja, sundulan dia juga masih melebar.

Selanjutnya, Madrid mengambil inisiatif menyerang. Dengan keunggulan tipis ball possession yang hanya 52%, Madrid beberapa kali mengancam gawang Villarreal. Vinicius dan Mbappe sempat mendapat peluang melalui tendangan ke gawang. Namun upaya mereka tak membuahkan gol.

Begitu pula bek Antonio Ruediger yang menerima umpan silang Modric. Sundulan pemain tim nasional Jerman ini masih melebar. Skor 1-0 untuk Madrid bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Madrid tak menurunkan tempo permainan. Mereka tetap menekan pertahanan Villarreal demi memperbesar keunggulan.

Villarreal sempat mendapat peluang dari titik penalti menyusul pelanggaran dari pemain Madrid di menit 50. Namun setelah meninjau insiden lewat VAR, wasit membatalkan keputusan penalti karena tidak ada pelanggaran.

Madrid kembali menunjukkan dominasi atas rivalnya. Serangan tuan rumah kembali memberi tekanan terhadap pertahanan Villarreal.

Upaya Madrid akhirnya membuahkan hasil setelah Vinicius membobol gawang lawan di menit 73. Kali ini Valverde yang berperan dalam proses gol Madrid. Dia memberikan assist yang dituntaskan Vinicius.

Skor berubah 2-0 untuk Madrid. Hanya tidak ada lagi gol yang tercipta di pertandingan itu. Madrid pun menutup laga dengan keunggulan dua gol.

Kemenangan atas Villarreal memang tak mengubah posisi Madrid. Mereka tetap menempati peringkat dua dengan poin 21. Namun Los Blancos berhasil menyamai perolehan poin Barca yang bertengger di puncak klasemen.

Hanya Barca masih unggul selisih gol. Mereka juga berpeluang menjauh dari Madrid bila mengalahkan Deportivo Alaves, Minggu malam ini.

Sementara, Villarreal yang menduduki peringkat tiga memiliki poin 17. Mereka mendapat ancaman dari Atletico Madrid yang hanya terpaut satu poin.