Piala Suhandinata 2024: Indonesia Juara Usai Hajar China

JAKARTA – Indonesia sukses keluar sebagai juara pada Kejuaraan Dunia Junior Beregu Campuran atau Piala Suhandinata 2024 usai menekuk tuan rumah China di babak final.

Mutiara Ayu Puspitasari dan kawan-kawan membawa pulang gelar setelah menang secara dramatis dengan selisih skor tujuh poin 110-103 pada Sabtu, 5 Oktober petang WIB.

Dalam duel ini, Indonesia sebenarnya tertinggal terlebih dahulu pada partai pertama yang dimainkan oleh Mutiara. Dia bertemu Xu Wen Jing dan harus mengakhiri penampilan dengan skor 7-11.

Pasangan ganda putri, Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine kemudian membalikkan keadaan menjadi 22-15 ketika bersua Chen Fan Shu Tian/Liu Jia Yue di laga kedua.

Di partai ketiga, China mempertipis ketertinggalan mereka menjadi tersisa dua poin saja 31-33 melalui ganda campuran Lin Xiang Yi/Liu Yuan Yuan yang bertemu dengan Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana.

Tunggal putra Moh. Zaki Ubaidillah yang tampil di laga keempat melawan Hu Zhe An, juga tetap menjaga keunggulan. Namun, Indonesia dan China cuma terpisah empat angka 44-40.

Keunggulan itu kemudian melebar lagi menjadi tujuh poin di paruh pertama saat Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan bermain di pertandingan kelima.

Mutiara yang kembali bersua Xu Wen Jing di partai keenam berhasil membalas dendam. Dia menjauhkan Indonesia dari kejaraan tuan rumah menjadi selisih sebelas poin, 66-55.

Setelah itu Isnaya/Rinjani, Darren/Bernadine, Moh. Zaki Ubaidillah, dan Anselmus/Pulung kembali turun. Mereka semua tampil apik untuk membawa Indonesia ke podium juara.