Bagikan:

JAKARTA – Pebalap rookie Red Bull GASGAS, Pedro Acosta, sukses mendapat pole position setelah menjadi yang tercepat di kualifikasi MotoGP Jepang 2024.

Rider asal Spanyol tersebut memastikan diri menjalani start terdepan usai menorehkan waktu lap satu menit 43,018 detik di Sirkuit Twin Ring Motegi pada Sabtu, 5 Oktober pagi WIB.

Sesi kualifikasi ini berjalan diwarnai drama track limit Marc Marquez (Gresini Racing) dan terjatuhnya pemuncak klasemen sementara pebalap musim ini, Jorge Martin (Prima Pramac Racing).

Kejadian ini membuat Marquez harus gigit jari start dari posisi kesembilan, sedangkan Jorge Martin dari posisi ke-11. Ini hasil kualifikasi terburuk Martin sejak Grand Prix Austria 2023 ketika ia berada pada posisi start ke-12.

Ini jelas sebuah kerugian besar bagi Martin sebab rivalnya dalam perburuan gelar musim dan juga juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) menempati grid kedua.

Posisi start yang berjauhan itu bisa dimanfaatkan Bagnaia untuk memangkas jarak poinnya dengan Martin. Kedua pebalap ini sekarang terpisah 21 poin di papan klasemen sementara.

Sementara itu, duduk di tempat ketiga adalah Maverick Vinales (Aprilia Racing). Dia berada di depan Enea Bastianini di posisi keempat dan Brad Binder melengkapi lima besar.

Selanjutnya Franco Morbidelli menyusul di urutan keenam, lalu posisi ketujuh dihuni Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46 Racing Team) yang mengungguli rekan setimnya Marco Bezzecchi.

Adapun melengkapi sepuluh besar adalah Alex Marquez, yang diapit oleh kakaknya Marc Marquez dan Jorge Martin, pebalap yang memenangi Grand Prix Mandalika pekan lalu.

Hasil Kualifikasi MotoGP Jepang 2024:

  1. Pedro Acosta 1 menit 43,018 detik

    2. Francesco Bagnaia +0,246

    3. Maverick Vinales +0,423

    4. Enea Bastianini +0,521

    5. Brad Binder +0,643

    6. Franco Morbidelli +0,810

    7. Fabio Di Giannantonio +0,980

    8. Marco Bezzecchi +1,055

    9. Marc Marquez +1,1118

    10. Alex Marquez +1,245