Begini Cara Menggunakan Alat Pengecekan Plagiarisme di Microsoft Word

JAKARTA – Microsoft Word merupakan aplikasi pengetikan dokumen yang selalu digunakan oleh pengguna Windows. Aplikasi memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan pekerjaan dan menduga produktivitas.

Dari banyaknya fitur yang tersedia di Word, tak banyak yang tahu bahwa aplikasi ini menyediakan alat pengecekan plagiarisme. Dengan adanya alat ini, Anda tidak perlu membuka situs web atau aplikasi lain untuk mengakses plagiarisme pada dokumen.

Fitur ini bisa diakses jika Anda berlangganan Microsoft 365. Anda bisa memindai dokumen yang sedang dibuka dengan basis data online yang sangat luas. Alat ini akan menyerahkan tautan ke sumber asli untuk melihat seberapa mirip teks yang dibuat.

Jika Anda perlu memeriksa plagiarisme dari dokumen yang dibuat seseorang atau hanya ingin mengecek apakah dokumen Anda masuk ke dalam kategori plagiarisme, Anda bisa menggunakan fitur ini. Berikut ini cara menggunakan alat pengecekan plagiarisme, dikutip dari How to Geek.

Alat Pengecekan Plagiarisme

Sebenarnya menggunakan alat pengecekan plagiarisme di Word, perlu diketahui bahwa Anda hanya bisa mengandalkan alat ini untuk pemeriksaan dasar. Alat ini tidak bisa diandalkan untuk pengecekan kalimat yang telah diparafrase atau jenis plagiarisme lainnya. 

Alat ini juga tidak bisa dibandingkan dengan layanan deteksi khusus untuk plagiarisme seperti Turnitin atau Quetext, dua alat ini sering digunakan untuk pengecekan karya ilmiah, skripsi, hingga tesis. Jika Anda masih ingin menggunakan fiturnya, berikut ini cara mengakses alatnya.

  1. Buka dokumen Microsoft Word.
  2. Klik kolom Review, lalu klik tombol Editor.
  3. Saat beberapa pilihan muncul, klik opsi Similarity.
  4. Tunggu hingga pengecekan selesai dilakukan.
  5. Jika sudah, Anda bisa menguat teks yang diinginkan.