YouTube Akan Perpanjang Durasi Shorts Hingga Tiga Menit

JAKARTA – YouTube mengumumkan pembaruan untuk Shorts, pesaing dari TikTok dan Reels, pada 3 Oktober. Platform di bawah naungan Google itu akan memperpanjang durasi video Shorts dalam waktu dekat.

Rencananya, durasi maksimal Shorts akan diubah menjadikannya tiga menit atas permintaan para kreator di platform tersebut. Perubahan durasi ini akan berlaku mulai 15 Oktober mendatang dan tidak akan memengaruhi video yang diunggah sebelum tanggal tersebut. 

"Ini adalah fitur yang paling banyak diminta oleh kreator, jadi kami senang dapat memberi Anda lebih banyak fleksibilitas untuk menceritakan kisah Anda. Perubahan ini berlaku untuk video yang berbentuk persegi atau lebih tinggi dalam rasio aspek," jelas YouTube. 

Platform video itu menjelaskan bahwa mereka akan merekomendasikan Shorts yang lebih panjang dengan cara baru. Harapannya, cara ini bisa menarik lebih banyak penonton. Belum diketahui seperti apa bentuk rekomendasinya, tetapi YouTube akan merilisnya dalam beberapa bulan mendatang. 

Selain memperpanjang durasi videonya, YouTube juga membuat tampilannya menjadi lebih sederhana, menambahkan beberapa fitur terbaru, dan memberikannya opsi bagi penonton atau kreator lainnya untuk terlibat dalam suatu tren.

YouTube juga menambahkan opsi baru untuk menyesuaikan preferensi pengguna. Platform itu akan menambahkan tombol Tampilkan Lebih Sedikit Shorts yang bisa diklik saat penggunaan terganggu atau tidak suka dengan konten tertentu. Fungsi dari fitur ini sama dengan Not Interested di TikTok.

"Kami akan memperkenalkan opsi untuk 'Tampilkan lebih sedikit Shorts'. Anda dapat memilih pengaturan ini dengan mengeklik menu tiga titik di kanan atas kisi Shorts mana pun di feed Beranda Anda dan kami akan menampilkan lebih sedikit Shorts di feed Beranda Anda," ungkap YouTube.