4 Tips Bekukan Pisang untuk Resep Smoothies dan Kue yang Lezat

JAKARTA - Teknik membekukan adalah cara tepat mengawetkan pisang yang matang lebih cepat daripada waktu yang Anda miliki untuk menghabiskannya. Pisang yang sudah terlalu matang dan mulai menghitam, sebaiknya jangan langsung dibuang. Anda dapat membekukan pisang kematangan sehingga bisa digunakan saat nanti dibutuhkan misalnya untuk membuat smoothies lezat dan bergizi.

Ikuti empat tips membekukan pisang untuk membuat smoothie seperti mengutip laman The Kitchn, Jumat, 4 Oktober.

1. Kupas pisang: Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan cara mengupas pisang. Mengupas pisang beku tidak hanya merepotkan, tetapi juga akan menjadi sangat lembek saat dibekukan dengan kulitnya.

2. Iris pisang: Iris pisang menjadi potongan-potongan berukuran sekitar 1 inci. Karena ada banyak cara berbeda untuk menggunakan pisang beku nanti, memotongnya menjadi potongan-potongan yang lebih kecil akan memberi Anda fleksibilitas yang lebih besar.

3. Bekukan pisang dalam satu lapisan: Letakkan pisang dalam satu lapisan di atas loyang atau piring yang dilapisi kertas minyak atau kertas roti besar, dan masukkan ke dalam freezer hingga membeku sempurna. Langkah ini akan mencegah potongan pisang membeku menjadi gumpalan besar.

4. Simpan dalam wadah kedap udara. Pindahkan potongan pisang beku ke dalam wadah kedap udara atau kantong ziptop dan simpan dalam freezer.

Seperti kebanyakan jenis buah lainnya, pisang dapat disimpan dalam freezer untuk waktu yang sangat lama. Sebagai aturan praktis, untuk mendapatkan rasa dan tekstur terbaik, sebaiknya gunakan pisang beku dalam waktu tiga bulan, sebelum mulai terbentuk kristal es dan mengalami freezer burn.

Ada banyak cara mengolah pisang beku. Biasanya, pisang beku dapat diolah menjadi smoothies yang lezat. Pisang beku memberikan tekstur ekstra kental dan lembut serta rasa yang sedikit lebih manis daripada pisang segar.

Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat es krim pisang, mencampurnya ke dalam cangkir oatmeal panggang, atau mencampur beberapa potong pisang langsung dari freezer ke dalam panci (atau slow cooker atau Instant Pot) berisi oatmeal. Untuk menggunakan pisang beku sebagai bahan dasar makanan yang dipanggang seperti roti cepat saji, muffin, kue, dan biskuit, pastikan mencairkan pisang sepenuhnya terlebih dahulu.