Kemenkop UKM Sebut Target Kredit UMKM 30 Persen Tak akan Tercapai Tahun Ini

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) pesimistis target kredit sebesar 30 persen bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), tercapai pada 2024.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan rasio kredit perbankan untuk pelaku UMKM di Indonesia meningkat menjadi 30 persen pada 2024 ini.

"(Target) seperti itu tidak akan tercapai karena mempunyai banyak faktor yang akan kami sampaikan," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Temmy Satya Permana dalam konferensi pers di kantor Kemenkop UKM, dikutip Jumat, 4 Oktober.

Temmy menyebut, masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, salah satunya terkait kredit UMKM.

"Artinya kalau kami bicara ada (subsidi) Rp1.364 triliun kredit kepada UMKM, lebih dari 50 persen adalah kredit skala kecil menengah, yang mana ini tidak disubsidi, tidak ada insentif dari pemerintah," kata Temmy.

"Kalau (usaha) mikro itu ada KUR Kredit Usaha Rakyat (KUR), Permodalan Nasional Madani (PNM) dan lain-lain, ada Pegadaian," sambungnya.

Sementara itu, Temmy menuturkan, untuk usaha kecil menengah, rata-rata diserahkan ke industri pada suku bunga perbankan normal.

"Nah, dari hasil yang disampaikan, suku bunga kredit kami untuk kecil menengah masih relatif tinggi di 2021 sebesar 8,59 persen," ucap dia.

Temmy bilang, jumlah pelaku usaha kecil menengah sekitar 250.000. "mereka yang kami harapkan bisa menjadi pendorong ekspor, termasuk penyerapan tenaga kerja di sektor formal. Itu harapan kami," sebutnya.

Dari prediksi Bappenas, kata Temmy, rasio kredit perbankan untuk pelaku UMKM hanya bisa mencapai 24 persen hingga akhir 2024.

"Ini prediksi Bappenas. Jadi, kami tunggu sampai nanti Desember seperti apa. Mudah-mudahan, sih, di akhir triwulan tiga ini ada perbaikan signifikan terhadap kondisi perekonomian kami," tuturnya.

Sekadar informasi, Presiden Jokowi menargetkan rasio kredit perbankan untuk pelaku UMKM di Indonesia meningkat menjadi 30 persen pada 2024 ini. 

Adapun sejumlah strategi yang disiapkan oleh Kemenkop UKM untuk mencapai target tersebut, di antaranya dengan melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM agar pemahaman literasi keuangan semakin baik.