TikTok Perkenalkan Platform TikTok One, Solusi Kreatif dan Efisien untuk Brand

JAKARTA – TikTok menggelar acara TikTok Unboxed 2024 dengan tema From Brand Fame to Conversion Game pada Kamis, 3 Oktober. Di acara ini, TikTok memperkenalkan solusi kreatif yang diberi nama TikTok One. 

TikTok One merupakan platform yang ditawarkan untuk membantu brand dalam mengembangkan bisnisnya. Platform ini akan membantu berbagai brand dalam menciptakan strategi konten, mengelola konten, hingga menghubungkan brand dengan kreator. 

Saat sesi Media Briefing, TikTok menjelaskan bahwa platform online bagi brand ini menghadirkan tiga alat yang bisa diakses secara gratis. Seluruh brand, baik skala kecil maupun besar, bisa mengakses Creative Content, Creative Studio, dan Creator Marketplace.

Haswar Hafid, Head of Brand Partnership TikTok Indonesia, menjelaskan bahwa platform TikTok One dikembangkan untuk membantu brand tetap terhubung dengan konsumennya. Dengan membuat konten secara cepat dan mudah, penjualan mungkin bisa mengalami peningkatan. 

"Saat ini, yang terpenting bukan hanya brand awareness, tetapi juga bagaimana konten kreatif dan interaktif dapat mendorong konversi serta membangun branding jangka panjang," kata Haswar. "Kami berharap TikTok Unboxed 2024 dapat membantu brand dari berbagai skala." 

Creative Center merupakan alat yang dikembangkan untuk membantu brand dalam mencari ide dan inspirasi. Alat ini memiliki Kecerdasan Buatan (AI) generatif bernama Symphony Assistant yang bisa digunakan untuk mengajukan berbagai pertanyaan. 

Pengguna bisa membuat script iklan dengan gaya bahasa yang diinginkan, mengembangkan ide kreatif, dan lainnya. Untuk mendapatkan respons yang sangat detail dari Symphony, pengguna harus mengajukan perintah yang lengkap dan juga detail. Akses ke alat AI ini tidak terbatas. 

Sementara itu, di Creative Studio, brand bisa mengembangkan persona yang mereka inginkan. Menurut TikTok, alat ini cocok untuk brand yang tidak memiliki banyak budget, tetapi ini mengandalkan teknologi juga. Ada banyak persona yang bisa dipilih di alat ini. 

Terakhir, ada Creator Marketplace yang memiliki dua fitur di dalamnya, yaitu Branded Content with Creator dan Creator Content at Scale. Kedua fitur ini dapat menghubungkan brand dan kreator dengan mudah dan TikTok tidak akan mengambil biaya apa pun. 

Branded Content with Creator akan membantu brand dalam mencari kreator dan membuat kesepakatan konten secara online, sedangkan Creator Content at Scale merupakan fitur untuk mencari kreator dengan cara yang lebih menarik. 

Saat brand membuka lowongan untuk kreator yang ingin mengiklankan produk mereka, seluruh kreator bisa mengajukan diri. Brand bisa memilih kreator mana yang mereka inginkan dan kreator akan membuat video sesuai dengan kesepakatan. Di program ini, biaya kreator sepenuhnya akan ditanggung oleh TikTok.