Sudah Diklakson 3 Kali Tidak Menyingkir, Pria Tanpa Identitas Nekat Pasang Badan di Jalur Kereta

JAKARTA - Seorang warga tanpa identitas diduga melakukan aksi bunuh diri dengan menabrakkan diri ke kereta Commuter Line relasi Cikarang-Kampung Bandan bernomor KA 5083A yang tengah melintas.

Kejadian terjadi di KM 15+6/7 Jalur Hilir Petak Jalan Cakung-Jatinegara, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu, 2 Oktober, siang, sekitar pukul 12.00 WIB.

"Benar ada orang tertemper (tertabrak-red). Kami terima laporan dari masinis PLB 5083A (CL Ckr-Kpb) TS 205 JR 28+19 (SF 12) telah tertemper orang di Km 15+6/7 Jalur Hilir Petak Jalan Cakung-Jatinegara," kata Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko kepada VOI, Rabu, 2 Oktober, siang.

Sebelum kejadian terjadi, masinis kereta telah membunyikan klakson lokomotif namun tidak dihiraukan.

"Kami sudah koordinasi dengan pihak terkait yakni Petugas Keamanan Dalam (PKD) Stasiun Klender tengah menuju ke lokasi," katanya.

Hasil pemeriksaan, rangkaian kereta dalam kondisi aman. Namun identitas warga yang meninggal tersebut juga belum diketahui.

Ixfan menegaskan, sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian pasal 181 ayat (1) "bahwa setiap orang dilarang berada di ruang manfaat jalur kereta api; menyeret, menggerakkan, meletakkan, atau memindahkan barang di atas rel atau melintasi jalur kereta api; atau menggunakan jalur kereta api untuk kepentingan lain, selain untuk angkutan kereta api."

"Kami mengimbau agar masyarakat tidak melakukan kegiatan di sekitar area jalur KA. Jika masyarakat melihat adanya potensi bahaya ataupun kegiatan yang mencurigakan di jalur kereta api dapat melaporkannya kepada petugas stasiun terdekat," katanya.