Seres 7 dan Seres 9 Segera Hadir, Sokonindo Targetkan Produksi Lokal

JAKARTA – PT Sokonindo Automobile, sebagai agen resmi merek DFSK dan Seres, terus memperluas portofolio mobil listrik mereka di Indonesia. Setelah memamerkan dua model andalan, Seres 7 dan Seres 9, pada ajang GIIAS 2024, Sokonindo kini berencana untuk memproduksi kedua model tersebut secara lokal.

Meskipun belum mengumumkan secara pasti kapan Seres 7 dan Seres 9 akan tersedia di pasar, perusahaan tersebut berambisi untuk merakit mobil listrik ini di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Doni Putra Okten, Head of Marketing & Sales PT Sokonindo Automobile. Ia menjelaskan bahwa pihaknya berencana untuk menerapkan sistem Completely Knock Down (CKD) di pabrik mereka yang berlokasi di Cikande, Serang, Banten.

"Kami berencana untuk melakukan CKD untuk Seres 7 dan Seres 9 di pabrik Cikande," kata Doni dalam wawancara di Jakarta baru-baru ini.

Lebih lanjut, Doni menjelaskan bahwa kapasitas produksi di pabrik masih cukup besar, dan teknologi yang digunakan sudah sepenuhnya otomatis dengan sistem robotik berbasis internet.

"Pabrik kami sudah menggunakan teknologi robotik. Proses perakitan bisa disesuaikan dengan mudah hanya dengan mengganti modul yang ada," tambahnya.

Saat ini, pabrik di Cikande sudah menjadi basis produksi untuk Seres E1, mobil listrik kompak yang dirancang untuk kebutuhan perkotaan. Selain itu, pabrik ini juga memproduksi minibus DFSK Gelora E, yang juga merupakan kendaraan listrik.

Menunggu Persetujuan Headquarter

Kepastian peluncuran Seres 7 dan Seres 9 masih tergantung pada keputusan kantor pusat. Pasalnya, kedua model ini belum memiliki varian setir kanan yang diperlukan untuk pasar Indonesia. Doni menjelaskan bahwa beberapa pasar setir kanan, seperti Hong Kong, baru menghadirkan model Seres E1 dan Seres 3, sementara Seres 7 dan Seres 9 masih menunggu permintaan yang lebih kuat.

"Kami masih menunggu permintaan dari pasar setir kanan, karena saat ini hanya Seres E1 dan Seres 3 yang sudah ada di pasar tersebut," jelas Doni.

Pihak Sokonindo tampaknya siap bergerak cepat jika permintaan dan persetujuan dari kantor pusat sudah diterima, menjanjikan kehadiran lebih banyak mobil listrik Seres di Indonesia.