Cara Blokir Wajah yang Muncul di Kenangan Google Photos

JAKARTA - Google Photos kerap menampilkan foto-foto lama dalam fitur "Kenangan" secara otomatis. Namun, terkadang ada wajah-wajah tertentu yang mungkin tidak ingin kita lihat lagi. Untungnya, Google Photos memungkinkan penggunanya untuk memblokir wajah yang dikenali agar tidak muncul di fitur Kenangan.  

Salah satu fitur unggulan Google Photos adalah pengenalan wajah, yang membantu pengguna mencari foto dengan mudah menggunakan nama atau wajah orang. Namun, jika sudah menggunakan Google Photos dalam waktu lama, mungkin terdapat foto-foto orang yang tidak lagi berhubungan dengan Anda. Untuk menghindari melihat foto mereka, Google Photos membuat proses ini mudah dilakukan, di mana gambar seseorang yang dikelompokkan dapat disembunyikan.

Kemampuan untuk memblokir wajah dari fitur Kenangan di Google Photos cukup baru, dan mulai diluncurkan awal tahun ini. Sekarang, fitur ini sudah tersedia untuk sebagian besar pengguna. Memblokir wajah seseorang berarti foto mereka tidak akan muncul di tab Kenangan, yang berisi kolase otomatis dan kreasi foto lainnya.

Ada dua opsi kekuatan yang ditawarkan oleh alat ini: Tampilkan Lebih Sedikit dan Blokir Wajah Sepenuhnya. Opsi Blokir Wajah Sepenuhnya akan menyembunyikan semua foto orang tersebut, bahkan jika mereka muncul dalam foto grup. Sementara Tampilkan Lebih Sedikit masih memungkinkan foto grup yang melibatkan orang tersebut muncul.

Cara Blokir Wajah dari Kenangan di Google Photos:

  1. Buka aplikasi Google Photos.
  2. Masuk ke tab Koleksi.
  3. Ketuk Orang & Hewan Peliharaan.
  4. Pilih wajah yang ingin Anda blokir.
  5. Di menu tiga titik di sudut kanan atas, pilih Sembunyikan Wajah dari Kenangan.
  6. Pilih tingkat efektivitasnya:
    • Blokir Wajah Sepenuhnya untuk menyembunyikan semua foto orang tersebut.
    • Tampilkan Lebih Sedikit jika ingin tetap melihat foto grup dengan mereka.

Anda juga dapat menambahkan wajah yang diblokir dari menu tiga titik di bagian Orang & Hewan Peliharaan.

Tidak ada batasan jumlah orang yang bisa diblokir dalam aplikasi. Dengan melakukan ini, wajah-wajah tersebut tidak akan muncul secara otomatis, dan Google Photos akan menyempurnakan gambar-gambar yang ditampilkan.