Carlos Alcaraz Capai Final China Open 2024

JAKARTA – Petenis mantan nomor tiga dunia asal Spanyol, Carlos Alcaraz, mengalahkan Daniil Medvedev untuk mendapat tiket ke final China Open 2024.

Medvedev, yang tahun lalu menjadi runner-up di turnamen ini, tumbang dengan skor 5-7 dan 3-6 dalam pertandingan selama 88 menit pada Selasa, 1 Oktober 2024, petang WIB.

"Saya pikir kami berdua memulai pertandingan dengan cukup baik," kata Alcaraz usai memperpanjang kemenangannya menjadi delapan pertandingan beruntun di level tur, dikutip situs ATP.

Pertandingan set pertama antara kedua petenis ini berjalan sengit. Total, mereka menciptakan sebanyak lima break servis sebelum Alcaraz mendominasi set kedua.

Perjuangan Medvedev di set kedua terganggu oleh masalah pinggulnya. Hal itu membuatnya harus mendapat perawatan dari fisioterapis sebanyak dua kali.

Alcaraz pun kemudian dengan nyaman berhasil menuntaskan kemenangannya setelah mengonversi lima dari 11 break point yang diperolehnya.

"Saya bermain dengan sangat baik. Setelah itu, setelah Anda unggul satu set, bermain melawan Daniil dengan lebih percaya diri akan sedikit lebih mudah," ujar petenis berusia 21 tahun itu.

Hasil ini membuat Alcaraz menjadi petenis ketiga yang mencapai lima final level tur musim ini. Ia menyusul jejak petenis nomor satu dunia, Jannik Sinner, dan petenis Norwegia, Casper Ruud.

Selain itu, hasil ini semakin mempercantik rekor Alcaraz dengan Medvedev. Pemilik empat gelar Grand Slam itu sekarang unggul menang-kalah 6-2 atas petenis Rusia tersebut.

Sejak tumbang di putaran kedua US Open 2024 melawan Botic van de Zandschulp, Alcaraz tercatat tidak terkalahkan dalam nomor tunggal di babak grup Final Piala Davis, Piala Laver, dan China Open 2024.

Alcaraz sekarang mengejar gelar pertamanya di level tur sejak Wimbledon pada Juli 2024. Dalam kalender tahun ini, ia juga menang di ajang ATP Masters 1000 di Indian Wells dan Roland Garros.