Carlos Alcaraz ke Putaran Keempat Australia Open untuk Pertama Kali
Petenis asal Spanyol Carlos Alcaraz ke babak keempat Australia Open 2024 (Instagram/@carlitosalcarazz).

Bagikan:

JAKARTA – Petenis asal Spanyol Carlos Alcaraz mencapai putaran keempat Australia Open 2024 setelah lawannya dari Shang Juncheng mundur karena cedera.

Juara Wimbledon dan US Open tersebut memperpanjang perjalanannya di Grand Slam awal musim itu setelah mengamankan dua set awal 6-1, 6-1, dan sedang unggul 1-0 di set penentuan pada Sabtu, 20 Januari 2024.

Shang memutuskan menarik diri setelah mendapat perawatan medis. Petenis berusia 18 tahun ini mengalami kesakitan pada paha kanannya.

"Ini bukanlah cara yang diinginkan oleh siapa pun untuk melanjutkan perjalanan di kompetisi," kata Alcaraz setelah pertandingan dikutip BBC Sport.

Hasil ini membuat Alcaraz telah merasakan babak keempat dari semua empat Grand Slam. Ini juga babak keempat pertamanya di Australia Open.

Sebelumnya, Alcaraz absen di Australia Open tahun lalu karena cedera kaki. Adapun tahun ini ia merupakan salah satu favorit penantang gelar bersama Novak Djokovic.

"Saya melewatkan turnamen ini tahun lalu. Saya menonton pertandingan di rumah dari sofa, berharap bisa bermain di pekan kedua di sini. Rasanya sangat spesial," kata Alcaraz.

Alcaraz selanjutnya akan menghadapi Miomir Kecmanovic untuk memperebutkan satu tempat di perempat final. Calon lawan asal Serbia itu menyelamatkan dua match point untuk mengalahkan unggulan ke-14 Tommy Paul dengan skor 6-4, 3-6, 2-6, 7-6 (9-7), dan 6-0.