7 Nilai Kehidupan yang Perlu Dimiliki Pasangan Jika Ingin Hubungan Pernikahan Langgeng

JAKARTA - Banyak faktor yang memainkan peran dalam kelanggengan hubungan pernikahan. Dan tentu saja, memiliki hubungan yang sukses membutuhkan dedikasi dan usaha. Selain itu, keberhasilan hubungan juga lebih mungkin terjadi ketika Anda dan pasangan memiliki nilai-nilai kehidupan yang sama. Nilai apa saja itu? Berikut informasi selengkapnya, melansir Marriage, Selasa, 1 Oktober.

Komunikasi

Sederhananya, komunikasi adalah cara berbicara satu sama lain. Komunikasi diperlukan agar tidak ada salah pengertian antar pasangan yang akan mengakibatkan runtuhnya hubungan. Komunikasi yang baik adalah salah satu elemen esensial dari hubungan sehat. Di dalam hubungan, baik itu romansa, keluarga, atau pertemanan, komunikasi diperlukan agar pribadi saling memahami.

Komitmen

Komitmen merupakan salah satu contoh nilai hubungan yang menjadi kontributor utama bagi kesejahteraan pasangan. Penelitian menunjukkan bahwa baik komitmen dan persepsi timbal balik komitmen merupakan faktor yang memengaruhi kesejahteraan hubungan. Berdedikasi satu sama lain dan berusaha keras dalam hubungan merupakan salah satu dasar kehidupan pernikahan yang baik.

Kepercayaan

Kepercayaan sering kali menjadi salah satu hal pertama yang terlintas dalam pikiran sebagai contoh penting nilai-nilai inti dalam hubungan. Kepercayaan membantu Anda dan pasangan lebih saling bergantung. Penelitian mendukung hal ini dengan menunjukkan bahwa orang yang kurang memercayai pasangannya kemungkinan besar memiliki kualitas hubungan yang rendah. Mengenali bahwa pasangan memperhatikan Anda dan hubungan, bukan hanya diri mereka sendiri, merupakan fondasi kuat untuk hubungan langgeng.

Manajemen konflik

Tidak ada hubungan yang selalu berjalan mulus. Yang membuat hubungan menjadi sukses adalah bagaimana Anda menghadapi badai. Apakah pasangan saling menyalahkan, atau justru terus menunjukkan cinta, dukungan, dan rasa hormat satu sama lain?

Tidak mengherankan jika penelitian menunjukkan bahwa manajemen konflik sangat terkait dengan ketertarikan pasangan satu sama lain dan kepuasan hubungan. Lawan masalahnya, bukan pasangan. Dan hubungan Anda dapat bertahan lebih lama meski badai berulang kali menghantam.

Rasa hormat

Salah satu hal yang harus dihargai dalam suatu hubungan adalah rasa saling menghormati pilihan, preferensi, kehidupan, dan keadaan masing-masing. Sudah jelas bahwa Anda tidak akan merasa dihargai, diakui, dan diapresiasi apa adanya tanpa rasa hormat. Cinta menyiratkan rasa hormat dalam hubungan. Oleh karena itu, dapat dipahami mengapa rasa hormat merupakan salah satu nilai penting dalam hubungan.

Pengampunan

Sepanjang pernikahan, akan ada pelanggaran kecil atau besar yang perlu ditangani jika ingin mempertahankan hubungan. Menurut penelitian, kecenderungan memaafkan berkaitan dengan penyembuhan dan pemulihan hubungan. Pasangan yang memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk memaafkan mengungkapkan lebih banyak isyarat nonverbal (berpelukan, berciuman) dan memaafkan secara verbal secara eksplisit.

Dukungan emosional

Ekspresi kepedulian, kasih sayang, cinta, dan perhatian, yang mencakup dukungan emosional, merupakan inti dari hubungan penuh kasih dan langgeng. Membantu orang yang dicintai mengatasi kesedihan selama masa-masa penuh tekanan merupakan inti dari dukungan emosional. Bantuan dan dorongan seperti ini, berdasarkan banyak penelitian, merupakan unsur utama dari keharmonisan hubungan. Lebih jauh, penelitian menemukan bahwa kurangnya dukungan emosional berkaitan dengan ketidakpuasan hubungan dan alasan berakhirnya kisah cinta.