Google Luncurkan Menu Kontrol Kebisingan di Volume Android 15

JAKARTA – Google menambahkan kemampuan baru untuk mengontrol earbuds di Android 15. Pada desain terbaru dari kontrol volume, Google menambahkan fitur yang disebut Noise Control atau Kontrol Kebisingan.

Volume Kontrol terbaru di Android 15 kini menyertakan beberapa menu tambahan untuk audio seperti Kontrol Kebisingan, Audio Spasial, dan Live Caption. Saat mengeklik Kontrol Kebisingan di bagian paling kiri, pengguna akan melihat pop-up menu lainnya.

Jendela pengaturan untuk Kontrol Kebisingan akan muncul dengan tiga opsi pilihan, yaitu Peredam Kebisingan, Nonaktif, dan Transparansi. Saat pengguna mengeklik opsi yang diinginkan, jendelanya bisa dihilangkan dengan cara mengeklik tanda silang di sudut kanan atas.

Setelah itu, menu Kontrol Kebisingan akan berubah warna, dari yang sebelumnya berwarna hitam menjadi biru. Dilansir dari 9to5google, kemampuan baru ini hanya berfungsi untuk dua model perangkat audio, yaitu Pixel Buds Pro dan Pixel Buds Pro 2.

Saat ini, mayoritas masyarakat masih menggunakan Android 14 sehingga fitur ini belum terlihat di seluruh perangkat. Kabarnya, Google mulai memperluas desain terbaru dari kontrol volume pada Minggu, 29 September lalu.

Tak hanya menu Kontrol Kebisingan, menu Audio Spasial dan Live Caption juga memiliki beberapa opsi yang bisa dipilih. Saat menu Audio Spasial diketuk, jendela tambahan juga akan muncul dengan opsi seperti Nonaktif, Tetap, dan Pelacakan Kepala.

Sementara itu, untuk Live Caption, fitur ini hanya menyertakan tombol aktif dan nonaktif yang bisa diatur melalui Setelan. Fitur ini bisa dihilangkan dari Kontrol Volume dengan cara menonaktifkan fitur tersebut melalui bagian Teks Otomatis di Pengaturan.