Puluhan Ribu Lebah yang Mendiami Rumah Pertanian di Maine Selama Beberapa Dekade Akhirnya Dipindahkan

JAKARTA - Puluhan ribu lebah yang disingkirkan dari rumah pertanian Maine, Amerika Serikat minggu ini telah menimbulkan kehebohan di sana selama beberapa dekade, menurut keluarga yang telah tinggal di pertanian tersebut sejak abad ke-18.

Diperkirakan 40.000 lebah telah disingkirkan dari dinding rumah pertanian di Smiling Hill Farm di Westbrook, Maine, menurut afiliasi CNN WMTW. Keluarga Knight telah mengelola lahan pertanian tersebut sejak 1720, menurut situs web pertanian tersebut.

"Marsha Knight mengklaim lebah madu tersebut atau lebah madu lainnya telah berada di rongga dinding tersebut sejak dia masih kecil," kata Andrew MacDonald, pemilik Bee Huggah, perusahaan yang menyingkirkan lebah-lebah tersebut dari rumah pertanian tersebut, dalam sebuah video yang diunggah di Facebook, melansir CNN 21 September.

"Selama lebih dari 60 tahun, ada lebah di rumah ini dan mungkin lebih lama dari itu. Mungkin 70 atau 80," kata saudara laki-laki Marsha, Michael Knight, menurut WMTW.

Klip video MacDonald pada 13 September memperlihatkan sekelompok besar lebah yang sibuk bergerak di dalam dinding kuning yang terbuka di rumah pertanian sebelum mereka disingkirkan minggu lalu. Dari sudut pandang lain, lebah-lebah itu terlihat berdengung masuk dan keluar rumah pertanian dari luar, klip tersebut menunjukkan.

Alih-alih membunuh lebah-lebah itu, keluarga Knight ingin menyelamatkan koloni yang tinggal di rumah pertanian itu, yang perlu direnovasi, jadi mereka meminta jasa MacDonald, WMTW melaporkan.

"Saya yakin lebah-lebah ini layak diselamatkan karena sejumlah alasan berbeda," kata MacDonald kepada WMTW.

"Mereka memiliki khasiat obat dan mereka menyerbuki tanaman kami," sambungnya.

MacDonald memindahkan lebah-lebah itu ke kotak sarang lebah di luar rumah pertanian, tempat mereka beradaptasi dengan rumah baru mereka, ia membagikannya dalam klip Facebook pada Hari Jumat.

Keluarga Knight mengatakan, mereka berencana untuk memelihara sarang di luar ruangan dan lebah-lebah itu nantinya akan dipindahkan ke tempat lain di pertanian itu, menurut WMTW.

Diketahui, Maine adalah rumah bagi lebih dari 270 spesies lebah, menurut University of Maine.