Korsel akan Buka Jalur Jelajah Wisata Terpanjang: Hubungkan Pantai hingga Zona Demiliterisasi

JAKARTA- Korea akan sepenuhnya membuka jalur penjelajahan terpanjangnya, Jalur Dulle Korea Senin pekan depan, menandai tonggak penting dalam upaya negara itu untuk meningkatkan pariwisata lokal.

Rute sepanjang 4.500 kilometer itu mengelilingi garis pantai negara itu dan meluas ke daerah perbatasan di dalam Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua Korea.

Wakil Menteri Pertama Bidang Budaya, Olahraga dan Pariwisata Yong Ho-seong menyatakan komitmen pemerintah untuk bekerja sama erat dengan pemerintah daerah dan kotamadya guna membangun Korea Dulle Trail sebagai tujuan wisata utama.

"Kami juga ingin menjadikan jalur ini sebagai objek wisata kelas dunia yang sebanding dengan jalur pendakian terkenal di negara lain," kata Wamen Yong dalam siaran pers, melansir The Korea Times 24 September.

Jalur itu telah dikembangkan sejak tahun 2009 oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata bekerja sama dengan beberapa kementerian pemerintah lainnya, termasuk Kementerian Dalam Negeri, Pertahanan dan Unifikasi.

Bagian terakhir jalur itu, Jalur Perdamaian DMZ, baru-baru ini telah selesai, yang memungkinkan seluruh rute dibuka untuk penggunaan umum.

Upacara untuk merayakan acara itu akan diadakan pada sore hari di Observatorium Unifikasi Goseong, observatorium paling utara di Korea dan titik akhir jalur itu.

Untuk informasi lebih lanjut tentang jalur tersebut, kunjungi situs web yang dikelola pemerintah dan aplikasi seluler Durunubi.