Dapat Petunjuk Baru Keberadaan Harun Masiku, KPK Terus Lakukan Pengembangan

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan pencarian buronannya, Harun Masiku terus dilakukan. Penyidik mengembangkan petunjuk baru yang ditemukan dalam mobil tersangka penyuap eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan itu.

“Sudah kami temukan memang ada beberapa dokumen dan memang ada petunjuk-petunjuk baru yang kami temukan terkait dengan perkaranya HM. Ini yang sedang kita kembangkan,” kata Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu kepada wartawan yang dikutip pada Jumat, 27 September.

Adapun soal temuan mobil milik Harun disebut Asep didapat penyidik pada Juli lalu. “Jadi kami memang baru menemukan mobil itu ya di bulan-bulan tersebut,” tegasnya.

Ke depan, Asep memastikan penyidik terus berupa mencari Harun. Masyarakat bisa membantu komisi antirasuah dengan melapor jika mengetahui keberadaannya.

“Silakan menyampaikan kami dan kami akan menindaklanjuti keberadaan yang bersangkutan karena kami juga ingin secepatnya (menangkap Harun, red),” ungkap dia.

“Dan kami juga barangkali saudara HM-nya menonton, ya, segera saja (menyerahkan diri, red) karena yang terkait dengan dia seperti saudara W dari KPU dan lain-lain itu sudah selesai menjalankan hukuman. Sudah menjadi orang bebas,” ungkap Asep.

Diberitakan sebelumnya, Harun Masiku sekarang sudah menjadi buronan selama empat tahun atau sejak 2020. Pelarian ini dilakukannya setelah ditetapkan sebagai tersangka penyuap eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan untuk menjabat sebagai anggota DPR RI lewat mekanisme pergantian antar waktu (PAW).

Adapun dalam kasus suap ini, komisi antirasuah minta Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mencegah lima orang ke luar negeri. Salah satunya adalah staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kusnadi.