Tips Diet 7 Hari Turun 15 Kg, Bagaimana Cara Mencapainya?

YOGYAKARTA – Diet 7 hari turun 15 kg, apakah mungkin? Meskipun terkesan memaksa, menurunkan berat badan sebanyak 15 kg dalam waktu satu minggu sangat mungkin dilakukan.

Menyadur laman Vinmec International Hospital, keberhasilan program diet dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari pola makan, gaya hidup, istirahat yang cukup, hingga tingkat stres.

Memangkas berat badan hingga 15 kg dalam sepekan merupakan target yang baik dalam program diet. Namun tetapi, dibutuhkan komitmen yang tinggi, kesabaran, dan ketekunan agar dapat mencapai tujuan tersebut.

Diet 7 Hari Turun 15 KG

Menurunkan berat badan hingga 15 kg dalam waktu 7 hari dapat dicapai dengan metode diet sehat.

Dikutip dari Healthline, berikut ini adalah tips diet sehat untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat:

  1. Makan dengan teratur

Tips yang pertama untuk menurunkan berat badan hingga 15 kg dalam waktu 7 hari adalah makan teratur.

Perlu diingat, diet bukan berarti tidak mengonsumsi makanan hingga seharian demi menurunkan berat badan. Anda tetap boleh menyantap makanan, hanya saja porsinya diatur dan tidak sembarangan.

Misalnya, jika Anda setiap hari sarapan pukul 7 pagi, maka usahakan sarapan selanjutnya tepat di jam yang sama. Hal ini juga berlaku saat jam makan siang dan malam.

Pola makan yang tidak teratur dapat memengaruhi kadar insulin atau gula darah. Sehingga jangan sampai telat makan saat menjalankan diet sehat, terlebih tidak makan sama sekali.

  1. Hindari konsumsi lemak jenuh saat makan pagi

Ketika menjalani diet sehat, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh saat makan pagi. pasalnya, asupan lemak jenuh yang terlalu banyak bisa membuat Anda cepat lapar dan lelah.

Rasa lapar yang sulit dikendalikan dapat memicu Anda untuk ngemil atau makan makanan lainnya. Alhasil, program diet yang Anda jalankan menjadi gagal.

  1. Penuhi kebutuhan cairan

Meski porsi makan dikurangi, Anda harus tetap memenuhi kebutuhan cairan dengan banyak minum air putih.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa minum air putih bisa menurunkan berat badan, menjaga berat badan ideal, hingga meningkatkan pembakaran kalori.

Lebih lanjut, minum air putih sebelum makan bisa mengurangi nafsu makan sekaligus menjaga asupan kalori selama makan bagi orang dewasa.

  1. Berolahraga secara rutin

Selain mengatur pola makan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi, Anda juga perlu berolahraga secara rutin agar program diet 7 hari turun 15 kg bisa berhasil.

Program diet tidak akan maksimal jika Anda hanya mengandalkan pengurangan asupan kalori saja. mengurangi asupan kalori tanpa olahraga akan membuat tubuh kehilangan banyak lemak sekaligus masa otot.

Padahal, otot berperan aktif dalam proses metabolisme tubuh daripada lemak. Jika massa otot berkurang, maka metabolisme tubuh menjadi lambat. Alhasil, proses penurunan berat badan menjadi terhambat.

Itulah alasan mengapa olahraga sangat penting dalam proses penurunan berat badan. Aktivitas ini bisa mempercepat metabolisme tubuh, sehingga jumlah kalori yang terbakar akan semakin banyak.

  1. Istirahat yang cukup

Sebagian di antara kita mungkin belum tau kalau istirahat yang cukup bisa memengaruhi program diet.

Menurut studi, 55 persen orang yang kurang tidur lebih berpotensi mengalami obesitas bila dibandingan dengan orang yang punya waktu istirahat cukup.

Tak hanya itu, orang yang kurang istirahat lebih rentan mengalami fluktuasi harian hormon nafsu makan. Hal ini bisa memengaruhi nafsu makan menjadi buruk. Oleh sebab itu, usahakan untuk istirahat yang cukup di malam hari agar program diet 7 hari turun 15 kg bisa berjalan maksimal.

Demikian informasi tentang diet 7 hari turun 15 kg. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.