Rafael Nadal Masuk Skuad Spanyol untuk Piala Davis 2024

JAKARTA – Rafael Nadal termasuk dalam daftar skuad Spanyol yang akan tampil di Final 8 Piala Davis 2024 pada November 2024 di Malaga, Spanyol.

Petenis yang pernah menempati nomor satu dunia berusia 38 tahun tersebut bakal tampil bersama empat nama lain, yakni Carlos Alcaraz, Roberto Bautista Agut, Pablo Carreno Busta, dan Marcel Granollers.

Nadal belum pernah bertanding sejak Olimpiade Paris 2024. Saat itu, juara Grand Slam 22 kali ini pulang di babak kedua tunggal putra setelah kalah dari Novak Djokovic.

Ia juga mengemas koper di babak perempat final nomor ganda bersama rekannya Alcaraz, yang saat ini menempati peringkat ketiga dunia di ranking ATP.

Setelah tampil di Perancis, Nadal pun memutuskan menarik diri dari ajang US Open 2024 pada Agustus dan Piala Laver pekan lalu di Berlin, Jerman, karena masalah kebugaran.

"Saya merasa tidak akan mampu memberikan 100 persen kemampuan saya pada saat ini," demikian tulis Nadal di media sosialnya terkait keputusan mundur dari US Open 2024.

Nadal terus berjuang mengatasi cedera sejak meraih trofi Grand Slam terakhirnya di ajang tanah liat Roland Garros pada 2022.

Dalam sejarah tunggal putra, Nadal masih memegang rekor sebagai pemilik gelar terbanyak di Roland Garros. Total sebanyak 14 gelar Grand Slam berhasil dia menangi di sana.

Piala Davis merupakan turnamen yang telah dimenangi Nadal sebanyak empat kali. Ia tercatat menjuarai ajang itu dalam debut pada 2004, lalu tiga gelar setelah itu didapat pada 2009, 2011, dan 2019.

Piala Davis 2024 akan berlangsung pada 19-24 November 2024 di Martin Carpena Arena. Tujuh negara lain yang ikut mengambil bagian adalah Italia, Argentina, Amerika Serikat, Australia, Jerman, Kanada, dan Belanda.