Bagikan:

JAKARTA - Wasit Anthony Taylor kembali terlibat dalam kontroversi saat memimpin laga pekan kelima Liga Inggris 2024/2025 antara Brighton vs Nottingham Forest, Minggu, 22 September 2024.

Taylor mengeluarkan tiga kartu merah dan tujuh kartu kuning di laga tersebut. Kartu merah pertama ditujukan untuk Morgan Gibbs-White pada menit ke-83.

Menyusul kemudian masing-masing manajer tim, Fabian Hurzeler (Brighton) dan Nuno Espirito Santo (Nottingham Forest) juga dikeluarkan dari lapangan oleh sang pengadil.

Gibbs-White, yang sudah mendapat kartu kuning sebelumnya, melakukan tekel kepada Joao Pedro.

Asisten wasit Robert Jones awalnya mengatakan ia mendapatkan bola, tetapi Taylor memutuskan memberi kartu kuning kedua setelah respons Gibbs-White yang melakukan kontak berlebihan terhadap sang wasit.

Sementara itu, Hurzeler mendapat kartu merah karena melanggar batas, kemudian Espirito Santo mendapat kartu merah karena kata-kata kasar.

Keputusan Taylor tersebut sebetulnya mendapatkan pertentangan dari asisten wasit lain, Rui Pedro Silva.

"Itu tekel yang kuat, tetapi adil. Saya tidak melihat apa pun yang membenarkan kartu kuning kedua."

"Jika ia (Jones) membuat tanda itu untuk menunjukkan bola, mungkin keputusannya akan tetap berlanjut. Namun, saya tidak melihat gambarnya."

"Saya pikir wasit di lapangan adalah pembuat keputusan utama dalam pertandingan. Jadi, jika ia melihat itu, ia harus tetap pada keputusannya."

"Saya pikir wasit meluangkan waktu untuk mengobrol, berdiskusi tentang situasi itu, dan mereka membuat keputusan akhir untuk menunjukkan kartu kuning kedua kepada Morgan Gibbs-White."

"Anthony punya sudut pandang, Rob mungkin punya sudut pandang lain, hakim garis punya sudut pandang lain," kata Rui Pedro Silva dilansir The Sun.

Meski laga sudah selesai dan keputusan sudah dibuat, perdebatan masih berlanjut. Ujungnya, Anthony Taylor dibebastugaskan dari jabatan wasit Liga Inggris musim ini.

Laga Brighton vs Nottingham bukan satu-satunya partai penuh kontroversi yang dipimpin Taylor.

Sebelumnya, dia sudah mencatat rekor 14 kartu kuning di laga Bournemouth vs Chelsea pada 15 September 2024.

Nama Anthony Taylor juga sudah masuk dalam buku catatan buruk Nottingham Forest setelah menolak tiga klaim penalti selama kekalahan di Everton pada April 2024 atau Liga Inggris musim lalu.

Selain kontroversinya di Liga Inggris, Anthony Taylor juga dibenci saat masuk daftar wasit Euro 2024. Betul saja, dia membuat keputusan penuh perdebatan di perempat final saat Jerman menghadapi Spanyol.

Taylor tak memberi kartu kepada Toni Kroos yang melakukan tekel keras dari belakang kepada Rodri. Kemudian, dia juga menolak penalti saat Marc Cucurella tertangkap kamera melakukan handball dalam upaya memblok tendangan Jamal Musiala.

Selepas pertandingan itu, Anthony Taylor dijadwalkan memimpin partai final. Namun, reaksi keras dari suporter muncul.

Sebanyak 32 ribu penggemar menandatangani petisi menolak Taylor menjadi wasit final Euro 2024. Alhasil, sang pengadil gagal memimpin partai pemungkas dan pulang ke Inggris.