Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Arsenal, Mikel Arteta tak bisa menyembunyikan kemarahannya usai Arsenal dikalahkan Newcastle pada pekan lanjutan Liga Inggris 2023/2024 Minggu dini hari WIB. Pasalnya, wasit mengesahkan gol Newcastle yang kontroversial.

Pada pertandingan di St James Park itu Arsenal kalah 0-1 lewat gol semata wayang Anthony Gordon di menit ke-64. Namun, gol tersebut justru mengundang kontroversi.

Alasannya, bola yang dilepaskan lewat umpan silang dari sisi kiri diduga sudah keluar atau dalam posisi out. Kemudian posisi Joelinton yang dianggap melanggar Gabriel Magalhaes.

Akan tetapi, setelah melihat VAR untuk meninjau ulang apa yang terjadi, wasit Stuart Attwell menyatakan gol tersebut sah.

Sempat protes namun tak di gubris, usai laga Mikel Arteta meluapkan kemarahannya soal gol kontroversial tersebut.

“Ini memalukan. Ini memalukan. Itulah yang saya rasakan dan itulah yang dirasakan semua orang di ruang ganti,” ucap Arteta dikutip dari Sky Sport, Minggu 5 November.

“Anda tidak dapat membayangkan banyaknya pesan yang kami terima yang mengatakan bahwa hal ini tidak dapat dilanjutkan. Ini memalukan. Maaf, memalukan,” kata Arteta menambahkan.

Sang pelatih juga mengakui bahwa keputusan wasit yang jelas merugikan The Gunner ini membuatnya muak dan tidak bisa diterima.

“Saya merasa muak. Itulah yang saya rasakan. Saya merasa muak menjadi bagian dari ini. Itu tidak cukup baik dan kami tidak dapat menerimanya. Kami harus membicarakan hasilnya karena kami harus membicarakan bagaimana sebenarnya,” katanya.

“Luar biasa. Saya merasa malu. Tetapi saya harus menjadi orang yang datang ke sini sekarang untuk mencoba membela klub dan mohon bantuan karena ini adalah aib mutlak jika gol ini disahkan. Ini aib mutlak,” ucapnya dengan perasaan panas.

Setelah menyatakan keberatan akan kontroversi yang terjadi. Arteta lagi-lagi menegaskan bahwa gol tersebut tidak sah.

“Itu bukan gol. Karena banyak alasan, itu bukan gol. Karena lebih dari satu alasan, itu bukan gol. Terlalu banyak yang dipertaruhkan. Kami mengerahkan begitu banyak upaya, sangat sulit untuk bersaing di level ini, dan itu benar-benar memalukan. Saya merasa malu,” kata Arteta.

“Saya sudah berada di negara ini selama lebih dari 20 tahun dan ini masih jauh dari level untuk menggambarkan liga ini sebagai liga terbaik di dunia. Saya minta maaf,” ucap Arteta menambahkan.

Selain menuai kontroversi yang membuat Arteta begitu marah dan kecewa, gol Gordon ini juga jadi sesuatu yang menyakitkan karena membuat Arsenal akhirnya harus merasakan kekalahan pertama di Liga Inggris musim ini.