Wasit Anthony Taylor Jadi Bulan-bulanan Fans AS Roma Pascafinal Liga Europa 2023
Wasit asal Inggris, Anthony Taylor (@fa)

Bagikan:

JAKARTA - Wasit asal Inggris, Anthony Taylor yang memimpin partai final Liga Europa 2023 jadi bulan-bulanan fans AS Roma di Bandara Budapest. Hal hal itu menyusul kekalahan Giallorossi dari Sevilla.

Momen perundungan terhadap Taylor dan juga anak istrinya jelang bertolak dari Budapest tersebar di media sosial. Sejumlah video yang beredar menunjukkan Taylor dan keluarganya dikawal petugas keamanan bandara keluar dari sebuah kafe menuju ke area yang aman.

Diketahui bahwa pihak keamanan terpaksa melakukan itu lantaran sejumlah fans AS Roma memburu dan meluapkan kekesalan terhadap sang wasit. Sejumlah suporter AS Roma juga mengungkapkan kata-kata kasar terhadap Taylor dan anggota keluarganya, termasuk putri dan istrinya.

Bukan cuma itu, pendukung AS Roma ada yang terlihat melempar air ke arah Taylor dan keluarganya. Sempat pula ada ketegangan karena saling pukul antara fans dengan seseorang yang diduga sebagai kerabat Taylor, hingga momen pelemparan kursi pun tak terelakan.

Kemarahan fans AS Roma ini ditengarai kekecewaan atas hasil yang terjadi di partai final, Kamis 1 Juni. Dalam laga itu AS Roma dikalahkan Sevilla lewat adu penalti dan kepemimpinan sang wasit yang berat sebelah dianggap jadi penyulut lain.

Dikutip dari Sky Sport, terkait kericuhan yang terjadi ini pihak Bandara Budapest mengatakan proses pidana telah dilakukan. Seorang suporter AS Roma telah ditangkap dan didakwa melakukan keributan dalam insiden tersebut.

“Suporter Roma yang kalah mengenali wasit (Taylor) di food court bandara, tempat dia menunggu penerbangannya. Berkat kerja sama operator bandara dengan Polisi, pihak berwenang segera turun tangan, wasit diantar ke ruang tunggu dan menaiki pesawat dengan aman didampingi oleh petugas Kepolisian,” tulis kabar tersebut.

"Warga negara Italia yang terlibat dalam insiden itu ditangkap oleh Polisi dan proses pidana telah dimulai atas tuduhan pelecehan," lanjut keterangan dari pihak Bandara Budapest.