Floor Inc Sulut Nyala Musik Hip-Hop dalam Album Microphone Checka Volume #1

JAKARTA - Sony Music Entertainment Indonesia melalui sublabel Floor Inc yang berfokus di genre urban, electronic, dan hip-hop, terus menghadirkan karya dari para musisi bertalenta. Baru-baru ini Floor Inc berkolaborasi dengan label EVERYDAYINDO dan USS Networks siap merilis sebuah album hip-hop berjudul Microphone Checka Volume #1.

Album ini berisi sembilan track dari sembilan musisi yang masing-masing memiliki kekuatan dan warnanya tersendiri. Mereka adalah AB Mukacino "I'm Not Playing", FALLEN’T "It's Story", Emirgency "Bacotan Anak Selatan", By A Febby "Microphone", Tacticalopsm "Timur Jakarta", Styphth "Hard Mode", Almamosca “Oh Marsinah”, Wiarthajaya "My Shot", dan Ongker "Feel the Vibe”.

Head A&R dari label Floor Inc, Wisnu Wicaksana atau yang akrab disapa Oeboer, mengungkapkan bahwa sublabel Floor Inc menyambut baik kolaborasi pertama mereka dengan EVERYDAYINDO dan USS Networks ini. Microphone Checka Volume #1 ini sendiri dilihat Oeboer sebagai langkah yang relevan dari Sony Music Entertainment Indonesia dalam rangka membantu para musisi hip-hop lokal untuk tumbuh dan memperluas musiknya.

“Dari tren musik yang ada di Tanah Air dan global, genre hip-hop saat ini semakin dikenal di industri musik Indonesia. Selain mengalami perkembangan pesat, banyak bermunculan talenta baru di kancah hip-hop lokal yang tersebar di seluruh area Indonesia. Hal ini menandakan bahwa genre ini berkembang dan Floor Inc sebagai label yang fokus ke area itu ingin membantu mereka dan menjadi wadah agar para musisi ini bisa terus berkarya,” kata Wisnu dalam siaran pers tertulis.

Menurut Fauzan Lubis, atau lebih dikenal dengan nama Ojan Sisitipsi, ide pembuatan album ini tercetus atas gagasan Rulionzzo (Boyz Got No Brain) yang merupakan salah satu pengisi album kompilasi hip-hop tahun 90-an. Dari ide inilah, Ojan sebagai musisi yang memang sudah tertarik dengan maraknya musik hip-hop pada periode tersebut pun akhirnya mengeksekusi ide ini hingga terbentuklah kolaborasi antara Floor Inc, EVERYDAYINDO, dan USS Networks. Para musisi yang terpilih mengisi album ini diusulkan oleh tim EVERYDAYINDO yang bekerja sama dengan event USS Jakarta 2023, yaitu kumpulan para finalis MIC CHECK yang tampil di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada 4 November 2023.

“Pembuatan materi kompilasi ini memang sedikit menyita waktu. Namun, kami bersyukur bahwa prosesnya cukup mudah dan menyenangkan. Mengingat para musisi yang mengisi album ini tersebar di berbagai wilayah, kami pun mengandalkan teknologi saat ini dalam berkomunikasi, berdiskusi, hingga mendengarkan

hasil demo,” ungkap Ojan.

Dari sembilan track, tim Floor Inc memilih tiga lagu sebagai focus track, yaitu “Feel The Vibe” milik Ongker, “It’s a Story” dari FALLEN’T, dan “Oh Marsinah” oleh Imamosca.

“Ketiga track ini menjadi representasi dari konsep album atau kompilasi hip-hop Microphone Checka Volume #1. Dilihat dari kekuatan lirik yang menonjol dan dari segi produksi musik, ketiganya mempunyai daya tarik dari sisi komersial. Namun, tentu saja, semua lagu yang ada di album ini patut untuk didengar karena sudah melalui proses penyaringan yang cukup ketat dan merupakan terbaik dari yang terbaik,” jelas Oeboer.

Para pengisi album didapatkan melalui audisi online yang diadakan oleh tim EVERYDAYINDO, Floor Inc, dan USS Networks. Dari total 200 materi yang terkumpul, semua dikurasi langsung oleh Iwa K, Xaqhala, dan Rulionzzo hingga terkumpul sembilan finalis yang tampil di Mic Check USS di JCC Senayan.

Proses pengerjaan album ini sendiri memakan waktu tiga bulan sejak kompetisi diadakan. Terkait lokasinya yang berbeda-beda, tantangan tentu ada pada faktor komunikasi. Namun, seluruh pihak percaya bahwa adanya perbedaan akan menciptakan keselarasan meskipun berada di lingkungan dan sistem kerja yang berbeda. Hasilnya, lahirlah sebuah album kompilasi Microphone Checka Volume #1.

Hadirnya proyek kompilasi melalui tiga kolaborator ini diharapkan bisa mendorong lagi musik hip-hop menjadi salah satu genre yang populer. “Tujuan utama kerja sama ini adalah kami ingin membawa musik hip-hop menjadi musik yang bisa mendominasi lagi di industri musik Tanah Air. Hal ini pernah terjadi pada era 1993 hingga 2003 dan sangat besar kemungkinan ini akan terjadi lagi,” ungkap Ojan.

Album kompilasi hip-hop Floor Inc, EVERYDAYINDO, dan USS Networks berjudul Microphone Checka Volume #1 bisa didengarkan di platform musik digital mulai 25 September.