13 Nama-Nama Princess Disney, Siapa Karakter Favoritmu?

YOGYAKARTA – Karakter princess yang diciptakan Disney telah menjadi ikon di seluruh dunia. Simak nama-nama princess Disney dalam ulasan berikut ini.

Pecinta film Disney tentu sudah tidak asing lagi dengan nama-nama princess Disney seperti Snow White, Cinderella, Rapunzel, atau bahkan Moana. Para putri Disney ini tidak hanya cantik, namun juga memiliki karakter yang kuat sebagai tokoh utama dalam sebuah cerita.

Mengenai karakter-karakter wanita cantik dan kuat ini, pihak Disney ternyata tidak asal ambil nama. Mereka juga menyesuaikan dengan kepribadian atau sifat sang putri yang menjadi highlight cerita.

Nama-Nama Princess Disney

Setidaknya ada 13 nama princess Disney yang sudah mendapat sertifikasi sebagai Princess Disney Official, dan menjadi hak cipta dan hak milik pihak Disney secara penuh.

Menyadur laman resmi Disney, berikut ini adalah 13 princess Disney yang memiliki karakter kuat sebagai tokoh utama dalam sebuah cerita:

  1. Snow White

Snow White digambarkan sebagai karakter princess yang suka kebersihan, mudah bergaul dengan siapa saja, sabar, dan tidak ragu dalam memberikan kepercayaan kepada orang-orang di sekitarnya.

Dalam film animasi bertajuk Snow White and The Seven Dwarf, Snow White dikisahkan sebagai perempuan paling cantik. Kecantikannya itu membuat ibu tiri Snow White cemburu hingga muncul keinginan untuk menyingkirkan sang putri dengan berbagai cara, mulai dari membuangnya ke hutan hingga membuatnya memakan apel beracun.

  1. Cinderella

Cinderella merupakan karakter princess kedua yang diciptakan Disney. Nama Cinderella berasal dari bahasa Prancis yang bermakna ‘abu halus’.

Oleh Disney, Cinderella digambarkan sebagai gadis polos, cantik, dan baik hati yang dijadikan sebagai pembantu oleh keluarga tirinya.

Dalam film bertajuk Cinderella, karakter ini dikisahkan sebagai seorang putri yang menerima sihir dari ibu peri, ia kemudian berhasil datang ke pesta kerajaan dengan kere kuda, gaun yang cantik, dan sepatu kaca.

  1. Aurora

Aurora, atau lebih dikenal sebagai Putri Tidur, adalah karakter utama dalam film Sleeping Beauty (1959). Kisah Aurora sangat ikonik, terutama karena kutukan tidur panjang yang hanya bisa dihilangkan oleh ciuman cinta sejati.

Nama Aurora diambil dari bahasa Latin yang bermakna ‘dinihari, menggambarkan suatu pemandangan yang cantik dan menyegarkan untuk menyambut hari baru.

  1. Belle

Belle adalah karakter princess yang ada di film Beaty and the Beast. Ia digambarkan sebagai perempuan cantik yang cerdas dan gemar membaca buku. Selain itu Belle juga mampu melihat kebaikan di balik penampilan luar, seperti yang ditunjukkannya terhadap Beast.

Nama Belle diambil dari bahasa Prancis yang berarti cantik, sesuai dengan karakternya, Princess Belle adalah sosok yang cantik paras dan hatinya.

  1. Ariel

Dalam film animasi The Little Mermaid, Ariel digambarkan sebagai sosok putri duyung yang penuh semangat dan memiliki keinginan untuk menjelajahi dunia manusia.

Sebagai putri duyung, karakter Ariel digambarkan dengan rambut merah dan punya suara indah. Selain itu, ia juga sangat kagum dengan daratan tempat tinggal manusia yang membuatnya sering naik ke permukaan.

  1. Mulan

Dalam film Mulan, karakter ini digambarkan sebagai seorang putri yang berani dan penuh semangat. Ia menyamar sebagai prajurit laki-laki untuk menggantikan ayahnya dalam peperangan.

Dalam bahasa Tiongko, kata Mulan bermakna Anggrek Hutan. Ini menggambarkan karakter Mulan yang cantik, berkemauan keras, dan tidak takut pada tantangan.

  1. Tiana

Tiana adalah Princess Disney pertama yang berasal dari komunitas Afrika-Amerika. Karakter ini terdapat dalam film The Princess and the Frog.

Dalam film tersebut, Disney menggambarkan Tiana sebagai wanita pekerja keras yang bermimpi membuka restorannya sendiri. Ia adalah contoh inspiratif dari Princess Disney yang mandiri dan fokus pada tujuan hidupnya.

  1. Rapunzel

Nama princess Disney yang berikutnya adalah Rapunzel. Karakter ini ada dalam film Tangled dan cukup ikonik lantaran memiliki rambut yang sangat panjang. Rambut tersebut  menyimpan kekuatan sebagai penyembuh ajaib

Petualangan Rapunzel untuk menemukan dunia luar dari menara tempat ia dikurung membawanya bertemu dengan berbagai karakter yang mengubah hidupnya.

  1. Jasmine

Dari sekian banyak karakter princess Disney, Jasmine bukanlah tokoh utama dalam filmnya. Dalam film berjudul Aladdin, Jasmine dikisahkan sebagai sosok pendamping Aladdin, seorang anak jalanan miskin yang jatuh cinta dengan sosok Jasmine.

Dalam bahasa Persia, Jasmine berarti bunga. Disney menggambarkan karakter ini sebagai putri yang sangat cantik dan dikagumi banyak orang. Ia juga dikisahkan memiliki keharuman seperti bunga.

  1. Pocahontas

Pocahontas berarti gadis ceria dalam bahasa Algongquin. Lewat film Pocahontas, Disney menggambarkan karakter ini sebagai seorang gadis yang penuh semangat dan teguh pendirian.

Pocahontas menjadi princess Disney yang paling unik lantaran digambarkan berasal dari Amerika dan tidak berkulit putih seperti karakter princess lainnya.

  1. Merida

Dalam bahasa Celtic, Merida berarti Mutiara. Dalam filmnya, Merida merupakan sosok putri yang kuat, tidak terkalahkan dan memiliki kecantikan layaknya Mutiara.

Disney menggambarkan Murida sebaga wanita berambut keriting dengan warna terang. Ia dikenal sebagai sosok pemanah yang tangguh dan berani.

  1. Moana

Moana dari film Moana (2016) adalah Princess Disney yang sangat mandiri dan berjiwa petualang.

Ia bertekad untuk menyelamatkan pulau tempat tinggalnya dengan menjelajah samudra luas. Moana menggambarkan kekuatan dan kebijaksanaan dalam menghadapi tantangan.

  1. Raya

Dalam film Raya and the Last Dragon, Raya dikisahkan sebagai pendekar perempuan yang bertugas untuk menjaga permata naga bersama ayahnya.

Disney menggambarkan Raya sebagai seorang wanita yang penuh dedikasi dan berani menghadapi segala macam tantangan.

Demikian informasi tentang nama-nama princess Disney. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.