Imbas Larangan AS, Pengguna Bingung Solusi Kaspersky Diganti Otomatis ke UltraAV

JAKARTA - Adanya larangan penggunaan solusi keamanan Kaspersky, beberapa pengguna Kaspersky di wilayah tersebut mengatakan perangkat lunak keamanan siber mereka secara otomatis diganti dengan yang baru bernama UltraAV. 

Dalam beberapa postingan di Reddit yang ditemukan oleh TechCrunch, mengatakan “Bangun tidur dan Kaspersky hilang sepenuhnya dari sistem saya dengan Ultra AV dan Ultra VPN yang baru saja diinstal (bukan oleh saya, tetapi secara otomatis saat saya tidur).”

Tapi di sisi lain, beberapa pelanggan lainnya mengaku bahwa mereka menerima email dari Kaspersky, terkait dengan transisi perangkat lunak keamanannya ke UltraAV. 

Transisi ini terjadi beberapa bulan setelah pemerintah AS mengambil keputusan yang melarang semua penjualan perangkat lunak Kaspersky di seluruh Amerika Serikat. Namun setelah itu, Kaspersky diizinkan untuk menyediakan pembaruan keamanan terbatas kepada pelanggan hingga tanggal 29 September. 

Dalam situs UltraAV tertulis bahwa, jika Anda adalah pelanggan Kaspersky yang membayar, setelah transisi selesai, perlindungan UltraAV akan aktif di perangkat mereka, dan mereka akan dapat memanfaatkan semua fitur premium tambahan. 

Belum ada pernyataan dari pihak Kaspersky. Namun, situs web tersebut sudah memberitahu seluruh pengguna kalau pada pertengahan September, mereka akan menerima pemberitahuan email saat UltraAV siap digunakan.