Selepas Lawan Arsenal, Guardiola Pusing Daftar Pemain Cedera Panjang Bertambah

JAKARTA - Manchester City dipastikan kehilangan Rodri yang mendapat cedera parah saat tampil pada pekan kelima Liga Inggris 2024/2025 melawan Arsenal di Stadion Etihad, Minggu, 22 September 202.

Rodri akan absen selama sisa musim ini karena tes awal menunjukkan bintang Spanyol itu mengalami robek ligamen cruciatum.

Kabar itu jelas menjadi pukulan telak buat Manchester City, khususnya Manajer Pep Guardiola.

Rodri merupakan aktor penting dalam 74 pertandingan tidak terkalahkan sepanjang musim lalu. Catatan 475 hari tanpa kalah berakhir pada final Piala FA 2023/2024 kontra Manchester United, Mei 2024, kala mereka kalah 1-2.

Rodri sempat jatuh cukup lama untuk mendapat perawatan di tengah laga melawan Arsenal. Gelandang 28 tahun itu akhirnya dapat melanjutkan pertandingan.

Namun, dia cedera lagi dalam insiden aneh lainnya di pertengahan babak pertama. Alhasil, Rodri harus digantikan dengan Mateo Kovacic.

Media Spanyol, AS, mengatakan tes awal pada Senin, 23 September 2024, waktu setempat menunjukkan cedera Rodri lebih parah dari yang diharapkan City.

AS penggawa Spanyol saat juara Euro 2024 itu kemungkinan akan absen selama sisa musim karena hasil tes menunjukkan adanya masalah ligamen yang serius.

Namun, Rodri diketahui akan menuju Madrid untuk pemeriksaan lengkap guna melihat seberapa parah cederanya.

"Saya tidak tahu, saya tidak berbicara dengan dokter. Namun, Rodri kuat. Ia meninggalkan lapangan dalam aksi ini karena ia merasakan sesuatu."

"Jika tidak, Rodri akan tetap di sana. Ia adalah gelandang bertahan terbaik di dunia. Ia adalah calon pemenang Ballon d'Or, saya ingin ia menang," kata Guardiola dilansir The Sun.

Rodri menjadi starter pertama kalinya untuk Manchester City pada Liga Inggris musim ini ketika berjumpa Arsenal. Namun, dia hanya bertahan selama 20 menit.

Lututnya tampak terkilir saat bertabrakan dengan Thomas Partey. Setelah perawatan, pemain internasional Spanyol itu berjalan tertatih-tatih di lorong.

Guardiola mengakui setelah pertandingan bahwa ia cukup khawatir untuk menarik Rodri. Sekarang, dia akan menunggu pemeriksaan terhadap sang gelandang menjelang pertandingan melawan Watford dan Newcastle.

Nama Rodri menambah daftar panjang pemain cedera di Manchester City. Sebelumnya, ada nama Kevin De Bruyne yang sudah lebih dulu masuk ruang perawatan.

Kevin De Bruyne digantikan saat melawan Inter pada minggu lalu. Dia absen saat City bermain seri 2-2 kontra The Gunners.

Gelandang 33 tahun itu ternyata belum pulih dari cedera paha. Tidak ada tanda-tanda De Bruyne turun dari bus City saat tiba di Etihad untuk menghadapi Arsenal.

Selain itu, kecil kemungkinan ia akan bermain melawan Watford di Piala Carabao pada Selasa, 24 September 2024, waktu setempat.

Ia diprediksi bisa kembali pada 28 September 2024 saat berjumpa Newcastle United di Liga Inggris.

Pemain lain yang masuk daftar cedera ialah Nathan Ake. Dia cedera ketika membela Belanda di UEFA Nations League 2024/2025 pada 11 September 2024.

Ake ditandu keluar lapangan saat menghadapi Jerman. Sang bek belum kembali berlatih untuk City.

Guardiola memprediksi mungkin Ake akan absen hingga jeda internasional mendatang.

Terakhir, pemain muda Oscar Bobb juga mengalami cedera panjang. Dia tampil mengesankan pada pramusim, tapi kemudian mengalami cedera patah kaki.

Bobb diprediksi bisa kembali berlatih pada akhir tahun ini. Padahal, Guardiola sudah meramal bahwa pemain 21 tahun itu bisa bersinar musim ini.

Deretan pemain dalam daftar cedera itu jelas membuat Guardiola pening. Pasalnya, Manchester City menjalani jadwal padat sepanjang akhir September 2024.