BMW Gandeng Redwood Materials Daur Ulang Baterai Mobil Listrik

JAKARTA - Salah satu kekhawatiran terbesar terkait meningkatnya popularitas mobil listrik (EV) dan hybrid adalah nasib baterainya setelah tidak lagi bisa digunakan. Namun, BMW memiliki solusi untuk masalah ini tampaknya akan segera hadir.

Dalam siaran persnya baru-baru ini, BMW of North America mengumumkan kerja sama dengan Redwood Materials untuk mendaur ulang baterai lithium-ion dari mobil listrik, plug-in hybrid, dan mild hybrid mereka, termasuk brand BMW, MINI, Rolls-Royce, dan BMW Motorrad.

Dengan bantuan Redwood Materials, jaringan hampir 700 dealer, pusat distribusi, dan fasilitas lain milik BMW akan mengambil baterai bekas dari kendaraan. Selanjutnya, material berharga seperti nikel, kobalt, lithium, dan tembaga akan diekstraksi dan sebagian besar dikembalikan ke rantai pasokan baterai. 

Sementara, Redwood Materials mengklaim proses daur ulang mereka memiliki jejak lingkungan yang jauh lebih rendah dibandingkan pesaing lainnya, dengan pengurangan penggunaan energi sebesar 80 persen, emisi CO2 sebesar 70 persen, dan air sebesar 80 persen.

“Bersama dengan Redwood Materials, BMW meletakkan dasar bagi penciptaan rantai pasokan baterai yang sepenuhnya sirkular di AS,” kata Head of Sustainability, BMW of North America Denise Melville.

“Kami telah mengatakan sebelumnya bahwa masa depan BMW adalah masa depan listrik, digital, dan sirkular, dan perjanjian ini membawa kami selangkah lebih dekat untuk mencapai tujuan tersebut,” tambahnya.

Redwood Materials sendiri didirikan pada tahun 2017 oleh JB Straubel, salah satu pendiri Tesla dan mantan kepala teknologi perusahaan tersebut. Selama tujuh tahun terakhir, mereka telah mendaur ulang baterai dari berbagai merek mobil seperti Tesla, Ford, GM, Toyota, dan Nissan, serta perusahaan lain seperti Amazon dan Rad Power Bikes.

“Transisi ke mobilitas listrik menghadirkan peluang luar biasa untuk memikirkan kembali cara kita mengelola baterai yang menggerakkan masa depan energi bersih”, kata Chief Commercial Officer di Redwood Materials Cal Lankton.

Redwood Materials saat ini memiliki fasilitas di Reno, Nevada, dan sedang membangun fasilitas lain di Charleston, South Carolina. Lokasi yang terakhir ini mungkin menjadi kunci kemitraan mereka dengan BMW, karena BMW memiliki pabrik di Spartanburg dan Woodruff tempat setidaknya enam mobil listrik dan baterainya akan dirakit. Perusahaan pembuat baterai tersebut, AESC, juga memiliki pabrik di Florence, SC.