Cristiano Ronaldo Masih Punya Hati untuk Manchester United, Minta Bangun dari Bawah agar Bisa Bersaing

JAKARTA - Cristiano Ronaldo masih punya hati buat di Manchester United. Dia terlihat sangat peduli dengan perjalanan The Red Devils.

Belum lama ini, CR7 memberikan pendapatnya mengapa Manchester United tidak bisa bersaing dengan klub-klub top Liga Inggris maupun Eropa.

Menurutnya, The Red Devils perlu membangun kembali dari bawah saat kini berada dalam asuhan Sir Jim Ratcliffe, pemilik saham minoritas klub.

Ronaldo memperingatkan bahwa Manchester United perlu membangun kembali secara total setelah investasi Sir Jim Ratcliffe.

Sebagaimana diketahui, Ratcliffe telah mengakuisisi 27,7 persen saham United awal tahun ini. Ronaldo pun optimistis tentang masa depan The Red Devils.

Hanya saja, dia memperingatkan bahwa untuk kembali ke level teratas sepak bola akan membutuhkan kesabaran.

"Menurut saya, mereka (United) perlu membangun kembali segalanya. Klub ini perlu waktu untuk membangun kembali karena masih menjadi salah satu klub terbaik di dunia, tetapi mereka perlu berubah."

"Mereka memahami itu. Ini adalah satu-satunya cara. Mereka berinvestasi di tempat latihan. Jadi, saya senang karena (segalanya berubah). Saya percaya bahwa masa depan akan cerah."

"Mereka harus membangun kembali dari bawah. Jika tidak, mereka tidak dapat bersaing. Itu tidak mungkin. Mereka bisa melakukan hal-hal bagus, ya, mereka bisa memenangi Carabao, tetapi maksud saya, Liga Champions atau Liga Europa atau Liga Inggris itu sulit. Saya berharap saya salah," ujar Ronaldo dilansir The Sun.

Ronaldo pindah ke Arab Saudi setelah meninggalkan Old Trafford. Dia telah memainkan peran penting bersama Al Nassr meskipun ia belum mengangkat gelar apa pun.

Bintang Portugal itu berpisah dengan Manchester United dengan persetujuan bersama.

Momen itu terjadi setelah wawancara meledak-ledak dengan Piers Morgan (jurnalis Inggris) di mana ia mengkritik The Red Devils karena gagal berinvestasi dalam 13 tahun sejak ia pertama kali meninggalkan Old Trafford.

Ia mengatakan tidak menyesal telah bergabung kembali dengan United dari Juventus pada 2021 meskipun tidak meraih kesuksesan. Dia hanya berharap yang terbaik meskipun ia pergi begitu saja pada November 2022.

"Saya tidak senang dengan cara semuanya (terjadi). Kita terkadang tidak dapat mengendalikan beberapa hal dalam hidup kita."

"Untuk membuktikan bahwa saya benar atau salah, ini bukan masalah saya lagi. Saya mengatakan apa yang harus saya katakan dan bagi saya itu sudah selesai," kata Ronaldo.

"Jujur saja, apa yang saya harapkan untuk Manchester (United), itulah yang saya harapkan untuk saya sendiri."

"Yang terbaik yang dapat mereka buat. Sekali lagi, tim terbaik yang dapat mereka (miliki) dan saya mencintai klub itu, Anda tahu, saya bukan tipe orang yang melupakan masa lalu."

"Ketika saya kembali ke sana, saya sangat bahagia. Saya adalah salah satu pencetak gol terbaik. Saya melakukan hal-hal yang luar biasa dengan klub. Saya melakukannya dengan luar biasa," tutur Ronaldo.

Ronaldo lebih lanjut mengakui bahwa performa minor Manchester United dalam beberapa tahun ke belakang tak lepas dari mental Manajer Erik ten Hag.

"Pelatih Manchester United, Anda tidak dapat mengatakan bahwa Anda tidak akan berjuang untuk memenangi Liga Inggris atau Liga Champions."

"Anda harus melakukannya, untuk secara mental berkata, dengarkan, mungkin kami tidak memiliki potensi itu, tetapi akan mencoba. Anda harus mencoba," ujarnya terkait Erik ten Hag.

Beruntung, menurut Ronaldo, Manchester United kini memiliki mantan rekan setimnya, Ruud van Nistelrooy, yang ditunjuk sebagai asisten manajer Ten Hag.

"Saya yakin Ruud akan membantu karena dia ada di dalam klub. Dia mengenal klub. Dia mengenal para penggemar. Jika pelatih mendengarkannya, saya pikir mereka dapat sedikit meningkatkan klub."

"Orang-orang yang memahami sepak bola, 99 persen adalah orang-orang yang ada di ruang ganti, yang merupakan pemain," kata Ronaldo lagi.

Ronaldo telah mencetak total 145 gol dalam 346 penampilan untuk United selama dua periodenya.