Woodball Sukses Jalani Debut di PON 2024

JAKARTA – Cabang olahraga (cabor) woodball sukses menjalani debut di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 yang akan ditutup Jumat, 20 September 2024, malam nanti WIB.

Total ada sebanyak 114 atlet dari 16 provinsi turun di tujuh nomor yang dilombakan di Lapangan Golf Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, pada 14-19 September 2024.

Ketua Umum Indonesia Woodball Association (IWbA), Aang Sunadji, menyebut bahwa penyelenggaraan woodball di PON 2024 otomatis menjadi catatan sejarah buat olahraga tersebut.

"Semoga ini bisa menjadi motivasi buat masyarakat woodball di Indonesia untuk terus memperkenalkan olahraga ini lebih luas dan memberikan prestasi tertinggi buat Indonesia di kancah dunia," kata Aang.

Ketujuh nomor yang dilombakan di PON 2024 adalah tim fairway putra-putri, double mix fairway, single stroke putra-putri, serta double stroke putra-putri.

Jawa Tengah berhasil keluar sebagai juara umum dengan perolehan tiga medali emas dan empat perunggu. Banten menyusul di peringkat kedua lewat dua emas, dua perak, dan satu perunggu. Lalu, Aceh di urutan ketiga dengan dua medali emas.

Selanjutnya, berturut-turut Bali dengan raihan dua perak dan satu perunggu serta Jawa Barat dengan perolehan satu perak dan satu perunggu untuk melengkapi lima besar.

Adapun posisi keenam dan ketujuh klasemen diduduki oleh Jawa Timur dan DKI Jakarta yang sama-sama memperoleh satu perak.

"Saya juga harus memberikan apresiasi tinggi untuk semua pihak yang membuat debut woodball di PON 2024 berlangsung sukses. Atlet, pelatih, wasit juri, panitia pelaksana, dan tentunya KONI Pusat sudah memberikan kesempatan kepada kami untuk bisa menyelenggarakan ini dengan baik," ujar Aang.

IWbA selanjutnya akan berusaha agar woodball bisa kembali dipertandingkan di PON XXII-2028 NTT-NTB. Aang mengatakan untuk mewujudkan hal itu perlu komitmen dan kerja keras dari seluruh pihak.

"Semoga bukan hanya di PON, tapi woodball juga bisa menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games 2025 Thailand. Tentunya kalau itu terjadi, woodball bisa memberikan prestasi terbaik buat Indonesia," ujarnya.