Cara Mengirimkan Pesan Terjadwal di iMessage

JAKARTA – Apple telah menambahkan kemampuan untuk menjadwalkan pesan iMessage di iPhone dan iPad. Saat pengguna iMessage ingin mengirimkan pesan penting tanpa terlambat, fitur ini akan sangat berguna.

Sebelum menggunakan fitur ini, perlu diingat bahwa penjadwalan pesan bisa melampirkan media seperti gambar, animasi, atau lagu dari Apple Music. Pengguna tidak bisa melampirkan lokasi, fitur Check-In, dan audio ke dalam penjadwalan pesan.

Pengguna juga dibatasi dalam menggunakan fitur ini. Mereka tidak bisa melakukan penjadwalan pesan secara berulang. Jika Anda tetap tertarik untuk menggunakan fungsi ini, berikut ini cara melakukannya, dikutip dari Makeuseof.

Cara Menjadwalkan Pesan

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna bisa langsung membuka aplikasi Pesan dan cari kontak atau percakapan di iMessage yang ingin Anda kirimi pesan. Setelah itu, masukan teks yang ingin Anda kirimkan secara terjadwal ke dalam kotak pesan.

Setelah itu, ketuk tombol berlogo tambah di sisi kiri dan pilih opsi Kirim Nanti. Saat tampilan waktu muncul, pilih jam dan tanggal yang diinginkan. Anda bisa mengatur pengiriman pesan mulai dari semenit sebelumnya hingga dua minggu sebelumnya.

Jika sudah memilih waktunya, Anda akan melihat kolom waktu di atas pesan yang ingin dikirim. Jika waktunya sudah sesuai dengan yang Anda pilih sebelumnya, Anda bisa mengeklik tombol Kirim dan pesan akan berada di ruang obrolan sebagai arsip.

Kolom waktu akan tetap berada di kolom pesan meskipun teks dan media yang dikirim sudah ada di ruang obrolan sebagai arsip. Jika ingin mengubah waktu pengirimannya menjadi sekarang, Anda hanya perlu mengeklik tombol siang pada kolom waktu.