Sabrina Rochelle Upaya Potret Realitas Hidup dalam Film Home Sweet Loan

JAKARTA - Sutradara Sabrina Rochelle Kalangie menghadirkan film terbarunya, Home Sweet Loan. Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Almira Bastari itu menampilkan kisah perjuangan pekerja milenial untuk menggapai impiannya.

Merasa terhubung dengan ceritanya, Sabrina banyak menampilkan realita hidup seorang pekerja dalam filmnya. Mulai dari pilihan lagu hingga set produksi yang mendukung ceritanya.

“Satu yang menurutku mutlak ingin disampaikan adalah kehidupan yang sejujur-jujurnya. Mungkin tidak sinematik, enggan dibicarakan tapi aku mau tempatkan semuanya di titik ini,” kata Sabrina Rochelle Kalangie dalam konferensi pers di Jakarta pada Rabu, 18 September.

Home Sweet Loan menceritakan Kaluna (Yunita Siregar) yang ingin memiliki rumah sendiri. Ia mengalami tantangan ketika keluarganya membutuhkan dirinya secara finansial sementara ia berjuang menabung untuk rumah impiannya.

“Perjuangan Kaluna segamblang itu ingin aku tunjukkan di film ini jadi sebisa mungkin aku gak mau menampilkan yang tidak realistis. Rumah yang dihidupi dengan 3 keluarga, ada rice cooker dan kulkas tiga. Sejujur itu,” jelasnya.

Ceritanya yang berkenaan dengan hidup ternyata tidak luput dari tantangan. Sabrina harus mengambil adegan pekerja di area halte dan stasiun.

“Sejujurnya banyak teknikal karena menunjukkan dunia segalanya. (Adegan) di meja makan karena kita banyak emosi yang mau ditunjukkan. Paling sulit syuting di Halte Tebet pas hari kerja. Kita pengin menangkap esensi pekerja di Jakarta jadi syutingnya di peak hour pas jam pulang, kita cuma dikasih sehari,” kata Sabrina.

Sebagai pembuat filmnya, Sabrina merasakan kesamaan dengan cerita yang ia tuangkan untuk dibagikan kepada penonton. Ia yakin cerita dalam film ini bisa dirasakan oleh penonton.

“Semoga film ini bukan hanya entertainment tapi teman hidup untuk menjalaninya,” kata Sabrina Rochelle.

Film Home Sweet Loan tayang di bioskop Indonesia mulai 26 September 2024.