China Open 2024: Fajar/Rian Lolos ke Babak Kedua

JAKARTA – Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, berhasil mencapai babak kedua China Open 2024.

Mereka mengamankan tiket kedua di ganda putra usai menghentikan pasangan Korea Selatan, Choi Sol-gyu/Heo Kwang-hee, dua gim langsung 21-11 dan 21-14 pada Rabu, 18 September 2024, siang WIB.

"Bersyukur bisa kembali ke lapangan pertandingan setelah Jepang Open 2024. Kurang lebih tiga minggu kami persiapan," ujar Fajar dalam keterangan resmi dari PBSI.

China Open 2024 merupakan turnamen kedua Fajar/Rian setelah gagal naik podium di Olimpiade Paris 2024. Sebelumnya, saat tampil di Jepang, mereka berhasil mencapai babak perempat final.

Setelah itu, ada dua turnamen berlevel Super 500 BWF yang dilewatkan oleh pasangan mantan nomor satu dunia tersebut. Dua ajang dimaksud ialah Korea Open dan Hong Kong Open 2024.

"Secara persiapan sejauh ini sudah cukup baik, tetapi tetap hawa pertandingan selalu berbeda dengan hawa di latihan. Jadi, kami masih perlu penyesuaian. Semoga besok bisa bermain lebih baik lagi," kata Rian.

Fajar/Rian adalah ganda putra kedua Indonesia yang mendapat tiket babak 16 besar. Mereka menyusul langkah pasangan Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin, yang terlebih dahulu lolos kemarin.

Ganda putra merupakan sektor dengan wakil terbanyak di China Open 2024. Total, Indonesia punya lima pasangan, disusul tunggal putra tiga wakil, dan masing-masing satu tunggal putri serta ganda campuran.