Discord Luncurkan Enkripsi End-to-End Baru untuk Panggilan Audio dan Video

JAKARTA - Discord meluncurkan enkripsi end-to-end (E2EE) baru untuk panggilan audio dan video, termasuk untuk panggilan dari DM, DM grup, saluran suara, dan streaming Go Live di platformnya. 

Dengan kemampuan enkripsi baru ini, Anda akan dapat mengonfirmasi kapan panggilan dienkripsi secara menyeluruh dan melakukan verifikasi terhadap anggota lain dalam panggilan tersebut. 

“Discord berkomitmen untuk melindungi privasi dan data sekitar 200 juta orang yang menggunakan platform kami setiap bulan,” tulis Stephen Birarda, teknisi perangkat lunak Discord, dalam posting blognya yang dikutip Rabu, 18 September. 

Perusahaan juga menjelaskan ada beberapa tujuan yang ingin mereka capai dengan teknologi E2EE baru ini, yaitu untuk memberikan pengalaman percakapan yang lebih pribadi, sehingga tidak ada seorang pun kecuali peserta, yang dapat mengakses percakapan tersebut. 

Lebih lanjut, Birarda juga mengatakan bahwa di sisi lain, pesan pribadi, tidak akan dienkripsi secara menyeluruh. Jadi, hanya panggilan audio dan video saja. 

"Keamanan terkait erat dengan produk dan kebijakan kami. Sementara audio dan video akan dienkripsi secara menyeluruh, pesan di Discord akan terus mengikuti pendekatan moderasi konten kami dan tidak dienkripsi secara menyeluruh," tambahnya. 

Terakhir, Birarda juga mengumumkan bahwa mereka akan merilis makalah tentang protokol enkripsinya, yang katanya sudah ditinjau oleh firma konsultan keamanan siber Trail of Bits, serta menjadikan kode sumber terbuka.