BYD YangWang U8 Debut di Uni Emirat Arab, Intip Lagi Spesifikasinya

JAKARTA - BYD terus melakukan ekspansi di berbagai belahan dunia, kini merek tersebut kembali membuka jaringan dealer di Uni Emirat Arab bersama mitra Al-Futtaim Electric Mobility Company, di Sheikh Zayed Road di Dubai.

Area dealer baru tersebut memiliki luas 1.100 meter persegi dan terdapat berbagai unit BYD di pajang di area tersebut. Selain itu, ada juga area teknologi guna memberikan pengalaman tambahan dan masih banyak lagi fasilitas yang ditawarkan.

Mengutip dari laman CNevpost, Selasa, 17 September, saat peresmian dealer terbaru tersebut, BYD juga memamerkan mobil canggih Yangwang U8, menandai debut Sport Utility Vehicle (SUV) bongsor tersebut di pasar mobil listrik UEA.

"Yangwang U8 diharapkan mulai dijual di UEA pada tahun 2025," tulis pernyataan perusahaan.

Secara spesifikasi, YangWang U8 memiliki dimensi panjang 5.319 mm, lebar 2.050 mm, dan tinggi 1.930 mm. Jarak sumbu roda SUV ini mencapai 3.050 mm, memberikan ruang kabin yang lega dan nyaman. Desainnya juga sangat modern dan terlihat futuristik.

Sebagai SUV listrik, YangWang U8 mengandalkan tenaga baterai lithium-ion berkapasitas tinggi untuk menghasilkan tenaga penggerak. Namun, U8 juga dilengkapi dengan mesin pembakaran internal (ICE) yang berfungsi sebagai range extender.

Mobil satu ini disematkan mesin 2.000 cc turbo dan memberi daya pada baterai Blade 49,05 kWh dengan bahan kimia LFP di dalamnya. Dilengkapi dengan teknologi Cell-to-Chassis (CTC), yang berarti baterai terintegrasi ke dalam sasis.

Jangkauannya diklaim mencapai 180 km berdasarkan hitungan CLTC, dan jangkauan komprehensif dengan baterai penuh dan tangki bahan bakar 75 liter adalah 1.000 km.

Soal harganya, di China mobil satu ini dibanderol dengan harga 1.089.000 yuan atau setara Rp2,2 miliaran.

Seperti diberitakan VOI sebelumnya, mobil satu ini sendiri sudah diperkenalkan di Indonesia dan dipamerkan pada ajang GIIAS 2024 Juli lalu. Sayangnya BYD Indonesia belum berminat untuk menjual mobil ini di tanah air hanya memamerkan teknologi yang disematkan, termasuk bisa berputar 359 derajat.

"Memang tidak spesifik kita membawa model ini untuk tes pasar, namun pada saat ini teknologi yang disematkan yaitu E4 ini hanya ada di produk YangWang sehingga ini merupakan bentuk edukasi memperkenalkan teknologi dari BYD," ungkap Head of Marketing PT BYD Motor Indonesia Luther Panjaitan, saat GIIAS lalu.