CATL Luncurkan Baterai Baru Khusus untuk Bus Listrik, Masa Pakai hingga 15 Tahun

JAKARTA - Contemporary Amperex Technology Limited (CATL) resmi meluncurkan baterai bertenaga baru dengan masa pakai panjang khusus untuk bus listrik, baterai tersebut bernama Tianxing-B.

Mengutip dari laman Carnewschina, Selasa, 17 September, produsen asal China itu mengungkapkan bahwa baterai baru ini memang dibuat khusus untuk industri bus listrik, bahkan masa pakainya hingga 1,5 juta kilometer atau 15 tahun.

Baterai tersebut memiliki kepadatan energi sebesar 175 Wh/kg yang diklaim merupakan kepadatan energi tertinggi dalam industri bus. Perusahaan juga menghadirkan garansi untuk baterai ini selama 10 tahun atau 1 juta kilometer mana yang lebih dahulu tercapai.

Selain masa pakai panjang dan garansi yang cukup lama, baterai dari CATL ini juga memiliki berbagai keunggulan, termasuk sudah mendapatkan peringkat baterai IP69 yang mampu bertahan di dalam air hingga 72 jam.

Nantinya CATL berencana untuk menggunakan baterai Tianxing-B untuk 80 model bus, dan telah menjalin kemitraan dengan 13 pelanggan termasuk DongFeng, Yutong Bus hingga Golden Dragon.

Seperti diketahui, Tianxing merupakan merek dari CATL yang memang didedikasikan khusus untuk kendaraan komersial. Produk pertama di bawah merek tersebut yaitu baterai Tianxing L yang memang hadir untuk kendaraan komersial ringan.

Untuk baterai Tianxing L sendiri menawarkan kapasitas 200 kWh yang ditawarkan dalam garansi 8 tahun atau 800 km. Baterai tersebut mendukung pengisian cepat 4C, yang memungkinkan pengisian ulang baterai hingga 60 persen SoC dalam waktu 12 menit.

CATL mengumumkan bahwa produksi massal dari baterai Tiangxing-B akan segera dimulai, namun belum ada rincian tambahan terkait model baterai terbaru tersebut.