Bagikan:

JAKARTA - Kendaraan listrik menjadi salah satu transportasi masa depan yang menjanjikan, di mana dapat mengurangi emisi gas buang dan memberikan banyak manfaat lainnya. 

Bicara mobil listrik sangat berkaitan baterai, saat ini sebagian besar perusahaan memberikan garansi (baterai) hanya 10 tahun atau kisaran 999.400 km. 

Namun produsen baterai kendaraan listrik terbesar di dunia asal China CATL dan Yutong Bus Co baru saja mengambil langkah maju yang besar, yang dapat meningkatkan jangkauan elektrifikasi.

Mengutip dari laman ArenaEV, Jumat, 5 April. kedua perusahaan baru saja meluncurkan baterai baru yang khusus ditujukan untuk kendaraan komersial seperti bus dan truk, dengan menawarkan garansi hingga 15 tahun atau jarak tempuh 1.499.910 km, garansi ini belum pernah ada sebelumnya.

Menariknya, baterai ini diklaim tidak mengalami degradasi dalam 1.000 siklus pengisian pertama dan dilengkapi dengan garansi terdepan di industri. Hal ini merupakan lompatan signifikan dalam umur panjang truk dan bus listrik, yang berpotensi memangkas biaya kepemilikan jangka panjang.

Seperti diketahui, CATL dan Yutong telah bermitra sejak tahun 2012, dan mereka merencanakan ekspansi lebih lanjut ke seluruh dunia dengan baterai baru yang inovatif pada beragam jajaran kendaraan komersial Yutong.

Diketahui juga, dominasi perusahaan asal China memang tak bisa dipandang sebelah mata soal produksi baterai, seperti CATL dan BYD terus memberikan inovasi baru dalam hal baterai. Tak hanya digunakan pabrikan lokal, beberapa merek global seperti Tesla, Ford, BMW dan lainnya telah lama menggunakan baterai dari China untuk kendaraan listriknya.